Mengoptimalkan Penggunaan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

  • Zahra Salsabila Universitas Sebelas Maret
  • Kundharo Saddhono Universitas Sebelas Maret

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang kompleks dan memerlukan pemilihan metode pembelajaran yang tepat agar efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam konteks kurikulum merdeka, hal-hal yang berkaitan dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat menjadi krusial. Metode yang dapat digunakan adalah metode peer teaching, dimana siswa menjadi pengajar bagi teman sebayanya. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang memberi kebebasan pada peserta didiknya dalam menentukan jalannya proses pembelajaran. Oleh karena itu, pada kurikulum merdeka siswa dituntut untuk mandiri dalam belajar dan tidak bergantung pada pengarahan guru. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi penting bagi pengembangan praktik pembelajaran yang memenuhi kebutuhan peserta didik dalam meningkatkan kemandirian belajar mereka. Selain itu, temuan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi tenaga didik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dalam implementasi kurikulum merdeka.

Keywords: Model Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Kemandirian Belajar, Peer Teaching

References

Alwi, Hasan. ed al.(Ed). 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Amral, A. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here (Eth) Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Siswa Kelas Xi Smkt Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Hasanah, E., Maryani, I., & Gestiardi, R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS DIGITAL DI SEKOLAH. Ika Maryani.

Khoiriyah, M. Perbedaan Model Problem Based Learning Terintegrasi Teknologi Informasi dan Resource Based Learning Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah.

Mufidah, H. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Metode Peer teaching terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Lectura: Jurnal Pendidikan, 14(1), 72-84.

Nurkhasanah, S. (2021). Implementasi model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan partisipasi belajar ipa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 256-263.

Puspitasari, R., & Susanti, N. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Teknik Dalam Pengajaran Remedial Melalui Model Pembelajran Tutor Sebaya. JPTPM. Voleme, 10, 1-10.

Sarumaha, Y. A., Zarvianti, E., Bahar, C., Rukhmana, T., Pertiwi, W. A., & Purhanudin, M. V. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 328-338.

Suntari, Y. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(XVI), 7-15.

Widyastuti, I. Implementasi Metode Pembelajaran Peer Tutoring Dengan Bantuan Jobsheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sulam Pita Siswa Kelas Xii Di Smk N 1 Sewon.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 1 times