Upaya Mengatasi Kesenjangan Pendekatan Komunikatif Menuju Pembelajaran Bahasa yang Efektif Murid Kelas 3 MI Miftahush Shibyan

  • Lubab Khoirul Adib Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Abstract

Pendekatan komunikatif memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa terutama di jenjang sekolah dasar sebagai tempat anak pertama kali menimba ilmu pendidikan. Kesenjangan pendekatan komunikatif memiliki hubungan terhadap pembelajaran bahasa dan bisa mempengaruhi keefektifannya. Pembelajaran bahasa sangat diperlukan anak sekolah dasar, hal ini dikarenakan anak pada usia tersebut masih berproses mempelajari cara berkomunikasi berdasarkan lingkungan yang ada. Oleh karena itu pendekatan komunikatif yang tidak maksimal pada anak dapat mempengaruhi kemampuan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan teori gambaran dalam mengatasi kesenjangan atau hambatan dalam penerapan pendekatan komunikatif yang terjadi di MI Miftahush Shibyan. Metode penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil dan pembahasan mengemukakan kesenjangan pendekatan komunikatif dikarenakan anak pada umur tersebut berada pada fase mulai memahami rasa malu apabila di hadapan banyak orang, di lingkungan mereka lebih sering menggunakan bahasa sehari-hari karena tidak terasa asing, bahkan alasan tersebut dikuatkan dengan salah satu murid yang ditunjuk untuk membacakan materi, anak yang ditunjuk tersebut sangat kesulitan membaca dengan baik dan terdengar seperti anak yang jarang berbicara menggunakan bahasa Indonesia. Alhasil kini guru memiliki tantangan mengatasi permasalahan harus dilakukan oleh guru sebagai fasilitator utama di lingkungan sekolah.

Keywords: Pendekatan Komunikatif, Kesenjangan, Efektivitas

References

Asiah, -. (2016). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 21–35. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1319

Astuti, M., & Khodijah. (2017). Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pelajaran Bahasa Inggris di MIN 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 144–155.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatimah, & Ratna Dewi Kartika Sari. (2023). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Journal of Student Research, 1(1), 202–214. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.980

Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Tarigan, S. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 148–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878

Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 03(02), 1–13.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531/pdf

Wiwin Yuliani. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Yemima Heginta Br Tarigan, Nana Hendra Cipta, & Siti Rokmanah. (2023). Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Kegiatan Pemebelajaran Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 829–842. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2032

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 320 times
PDF downloaded = 394 times