Jurnal STRATEGI MAHASISWA DENGAN MENULIS TEKS DRAMA DALAM MENARIK PERHATIAN PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR DENGAN BERMAIN PERAN

  • Sri Hardiningsih Hanafi STKIP Taman Siswa Bima
  • Muh. Rijalul Akbar STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (PABK) merupakan mata kuliah pilihan yang ada di program studi PGSD. Salah satukebutuhan khusus yang terjadi pada anak yaitu kesulitan belajar. Salah satu strategi yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar pada anak sekolah dasar adalah strategi yang dilakukan guru sekolah dasar dengan mendata tokoh lokal Mbojo yang ditulis dalam teks drama kemudian dilakukan dengan bermain peran yang dilakukan oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif yang bertjuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menulis teks drama sebagai strategi dalam menangani anak berkebutuhan khusus dengan metode bermain peran (role playing).Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang dipilih berdasarkan purposive sampling dengan kriteria yang diinginkan peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan pengisian instrumen yang telah divalidasi oleh expert jugjement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa mampu menulis teks drama. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan: bahwa hasil tes yang dinilai dari instrumen penelitian, mahasiswa mampu menulis teks drama dengan cukup baik, hal ini ditunjukkan dalam hasil dimana 77%  dengan skor nilai 59-69 dengan jumlah 11 mahasiswa mampu menulis teks drama. Sedangkan 23% dengan skor nilai 70-80 dengan jumlah 4 mahasiswa mampu menulis teks drama dengan baik

Keywords: kesulitan belajar, menulis teks darama bermain peran

References

Djamarah,SyaifulBahri,AswanZain.2002.StrategiBelajarMengajar.Jakarta:Rineka Cipta.
IG. A. K. Wardani, DKK. (2008). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Peraturan pemerintah. (2013). Undang-undang R.I Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah R.I tentang standar nasional pendidikan dan wajib belajar. Bandung: Citra Umbara.
Published
2019-12-30
Abstract viewed = 250 times
PDF downloaded = 293 times