Efektivitas Penggunaan Website Carrd.co sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Kelas 10 SMA
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpb.v15i3.2375Keywords:
Carrd.co, Media Pembelajaran, Efektivitas, Interaktif, Desain Tampilan, Siswa Kelas 10Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan website Carrd.co sebagai media pembelajaran interaktif di kalangan siswa kelas 10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada 20 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Carrd.co memiliki efektivitas yang baik sebagai media pembelajaran. Sebagian besar responden merasa bahwa Carrd.co membantu mereka memahami materi pelajaran, dengan desain tampilan yang menarik, sederhana, dan mudah dipahami. Fitur interaktif seperti video dan formulir dianggap dapat meningkatkan pemahaman materi, sementara kemudahan akses yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja menjadi nilai tambah bagi siswa. Di sisi lain, terdapat beberapa kekurangan dalam penggunaan Carrd.co, antara lain terbatasnya fitur pada paket gratis, kurangnya interaktivitas lanjutan, dan masalah teknis seperti jaringan yang sering ngelag. Meskipun demikian, Carrd.co dianggap memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran yang efektif, menarik, dan mudah diakses, dengan beberapa perbaikan teknis dan interaktif yang diperlukan untuk memaksimalkan efektivitasnya.
References
Faizarteta. (2020). Cara mudah membuat website Carrd.co. Retrieved December 15, 2024, from https://infoteknikindustri.com/2020/09/cara-menggunakan-carrd.html
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).
Hasanah, N. I. (2024). Pengembangan media belajar mandiri bahasa Arab dengan menggunakan website Carrd.co bagi siswa kelas XI MAN 1 Tapin Kalimantan Selatan (Undergraduate thesis, UIN Antasari Banjarmasin). Retrieved from https://idr.uin-antasari.ac.id/25866/
Husnul, C. R. Z. (2021). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa SMA melalui media pembelajaran online Carrd.co (Undergraduate thesis, Universitas Pasundan). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/54217/
Moleong, L. J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Media Kita.
Raudah, R., Mansur, H., & Satrio, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif Carrd.co untuk menyongsong pendidikan di abad 21. J-INSCTECH, 2(2).
Salsabila, H. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan Carrd.co materi atmosfer SMA Negeri 54 Jakarta (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Jakarta). Retrieved from http://repository.unj.ac.id/43547/
Shalikhah, M., et al. (2017). Media pembelajaran interaktif Lectora Inspire sebagai inovasi pembelajaran. Jurnal Warta LPM, 20(1).
Sulistiowati, I., Utama, H. F., Ningtyas, D. W., & Azymah, M. Z. (2024). Pengembangan website Pawanudo berbasis Carrd.co sebagai media pembelajaran sejarah perjuangan fisik pahlawan nasional perempuan Indonesia. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 4(1).
Trini, P., & Prasetya, I. (2005). Media sederhana. Jakarta: PAU Dirjen Dikti Depdiknas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Raisha Nurhaliza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Bahasa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensiĀ Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Bahasa bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Bahasa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.








