Studi Pendahuluan Peningkatan Pemahaman Konsep pada Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN Socah 4 Bangkalan

  • Choirul Umam Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura
  • Tyasmiarni Citrawati Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Penelitian ini adalah studi awal dalam Identifikasi permasalahan yang dihadapi kelas III SDN Socah 4 Bangkalan dalam muatan Bahasa Indonesia. Identifikasi permasalah dalam muatan Bahasa Indonesia dilaksanakan agar dapat ditemukan sebuah solusi dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan wawancarai yang dilaksanakan mulai 25 Februari 2020. Responden meliputi 11 siswa dan guru kelas III SDN Socah 4 Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa di SDN Socah 4 Bangkalan tergolong masih sangat kurang, dimana siswa kelas III banyak ditemukan siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru dikarenakan siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tindakan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan penjelasan ulang, pemahaman konsep, pengunaan media pembelajaran sederhana dan mencatat serta memberikan tugas-tugas.

Keywords: pemahaman konsep, bahasa indonesia, siswa kelas III

References

Manda, Trysa Gustya dkk. 2012. “Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Melalui Penggunaan Model Learning Cycle Disertai Peta Konsep”. Jurnal pendidikan Matematika. Vol.1, No. 1
Mujtahidin, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan : Universitas Trunojoyo Madura.
Achmad Rifa’i, dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Achmad Rifa’i, dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Mulyadi, M. (2012). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(1), 71-80.https://dx.doi.org/10.17933/jskm.2012.160106
Published
2021-12-30
Abstract viewed = 343 times
PDF downloaded = 267 times