Studi Pendahuluan Peningkatan Pemahaman Konsep pada Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN Socah 4 Bangkalan
Abstract
Penelitian ini adalah studi awal dalam Identifikasi permasalahan yang dihadapi kelas III SDN Socah 4 Bangkalan dalam muatan Bahasa Indonesia. Identifikasi permasalah dalam muatan Bahasa Indonesia dilaksanakan agar dapat ditemukan sebuah solusi dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan wawancarai yang dilaksanakan mulai 25 Februari 2020. Responden meliputi 11 siswa dan guru kelas III SDN Socah 4 Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa di SDN Socah 4 Bangkalan tergolong masih sangat kurang, dimana siswa kelas III banyak ditemukan siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru dikarenakan siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tindakan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan penjelasan ulang, pemahaman konsep, pengunaan media pembelajaran sederhana dan mencatat serta memberikan tugas-tugas.
References
Mujtahidin, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan : Universitas Trunojoyo Madura.
Achmad Rifa’i, dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Achmad Rifa’i, dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Mulyadi, M. (2012). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(1), 71-80.https://dx.doi.org/10.17933/jskm.2012.160106
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.