Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan dari studi pendahuluan ini untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menulis kata baku dan tidak baku kelas V SDN Buluh 3 di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik analisis data kualitatif secara deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pengambilan angket. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Februari hingga selesai. Subjek dalam studi pendahuluan ini adalah 31 siswa ( 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan) dan 1 guru kelas atau wali kelas V SDN Buluh 3. Dari hasil observasi dan pengambilan angket yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 8 siswa yang kategori baik sekali , 4 siswa yang kategori baik, 9 siswa yang kategori cukup dan 10 siswa yang kategori kurang mampu membedakan kata baku dan tidak baku. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada 10 siswa yang tingkat pemahaman siswa tergolong masih sangat kurang.
References
Arifin, Zaenal. (2010). Dasar-Dasar Penulisan karangan Ilmiah,.Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013: Sebuah Kajian dalam Mata Diklat Penerapan Kurikulum 2013.
Cahyani, Isah dan Hodijah. (2010). Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Cetakan ke-1. Bandung: UPI Press.
Chaer, Abdul. (2010). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Cetakan ke-6. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Hamalik, Oemar. (2010). Belajar dan pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta.
Hasbujllah. (2011). Dasjar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja GrmafindoPersada.
Ismawati Esti dan Umaya Faraz.(2012). Belajar aahasa di kelas awal.Yogyakarta: Ombak Tiga.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. (2017). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Resmini, Novi dan Dadan Juanda. (2012). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Cetakan ke-1. Bandung: UPI Press.
Rosdiana, Yusi. (2012). Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Cetakan ke-3. Jakarta: Universitas Terbuka.
Santosa, Puji. (2011). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Cetakan ke-17. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.