Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III di SDN Telang 1

  • Shofatul Isnainy Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojo Madura

Abstract

an Penelitian untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Telang 1., Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dimana instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, wawancara, lembar pengamatan, dan tes hasil belajar (kognitif). wawancara diberikan setelah penerapan metode bercerita, lembar pengamatan untuk mengamati pelaksanaan metode bercerita dan tes hasil belajar berupa kognitif dengan KKM 75. Sampel dari penelitian ini berjumlah 23 orang terdiri dari Laki-Laki 13 orang dan Perempuan 10 orang. Hasil penelitian ini hasil tes hasil belajar dan wawancara menunjukan bahwa metode bercerita membuat siswa lebih banyak memahami materi yang disampaikan guru. Hasil pengamatan menunjukan bahwa metode bercerita membuat siswa cenderung lebih pasif dan hanya fokus dalam memperhatikan penjelasan guru. Penerapan metode bercerita memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara kognitif siswa dengan nilai ketuntasan kelas 35% siswa lebih aktif dan mengalami peningkatan dalam berbicara. Simpulan secara umum menunjukkan bahwa Penerapan metode bercerita memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara kognitif siswa rekomendasi dalam pelaksanaan pembelajaran, hendaknya guru lebih kreatif dan lebih banyak memberi kesempatan dan motivasi kepada siswa

Keywords: Keterampilan berbicara siswa, Metode Cerita

References

Arianti, Rita, and Asih Ria Ningsih. "Discovery Learning, Teks Laporan APPLICATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL IN INTERPRETING TEXT ORAL RESULTS OF OBSERVATION RESULTS IN CLASS X STUDENTS IPA. 2 STATE 1ST HIGH SCHOOL." JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA 4.2 (2019): 183-197.
Devianty, Rina. "Bahasa sebagai cermin kebudayaan." Jurnal tarbiyah 24.2 (2017).
Emda, Amna. "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di SMA Negeri 12 Banda Aceh." Lantanida Journal 2.1 (2014): 68-79.
Hidayah, Nurul. "Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar." TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2.2 (2015): 190-204.
Ryanti, Widya Octa. "Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS SD Negeri 9 Metro Timur Tahun Pelajaran 2015/2016." (2016).
Yulika, Febri, Selvi Kasman, and Putri Khairina Masta. "Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah." Batoboh 1.2 (2016).
Published
2021-06-30
Abstract viewed = 316 times
PDF downloaded = 474 times