Citra Guru dalam Simbol Linguistik Budaya Populer Lintas Negara: Kajian Intertekstual

Authors

  • Arief Darmawan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Veni Nurpadillah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpb.v15i3.3172

Keywords:

Guru, Simbol Linguistik, Intertekstual

Abstract

Simbolisasi guru dalam teks budaya populer mencerminkan bagaimana masyarakat memaknai peran guru secara sosial dan ideologis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan citra guru dalam simbol linguistik pada berbagai teks budaya populer lintas negara, yaitu Indonesia, Jepang, India, Amerika Serikat, dan Prancis. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan intertekstual. Data berupa film, lagu, dan puisi dipilih berdasarkan keberadaan representasi eksplisit dan implisit tentang sosok guru. Analisis dilakukan dengan pendekatan semiotik dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan tiga kategori utama representasi, yaitu: (1) guru sebagai figur penginspirasi moral dan sosial, (2) guru sebagai tokoh pemberontak terhadap sistem pendidikan, dan (3) guru sebagai simbol nilai budaya dan nasional. Representasi tersebut menunjukkan adanya konstruksi kolektif mengenai guru sebagai agen perubahan sosial yang bermuatan simbolis dan emosional. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi pendekatan intertekstual lintas negara dan lintas media (film, lagu, puisi) dalam menganalisis simbolisasi guru sebagai entitas budaya. Temuan ini menambah khazanah keilmuan dalam bidang pendidikan terutama apresiasi terhadap peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Apple, M. W. (2013). Official Knowledge. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203901151

Barthes, R., & Heath, S. (1977). Image, Music, Text. Fontana Press. https://books.google.co.id/books?id=U_8yYj9h7aIC

Budairi, A. (2023). Intertextuality as semiotic mediation for youth’s enactment of agency and identity in everyday digital literacy practices. English Language Teaching Educational Journal, 5(3), 180–190. https://doi.org/10.12928/eltej.v5i3.7650

Chandler, D. (2007). Semiotics: The Basics. Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=utd_AgAAQBAJ

Earp, J. (2020). Indonesia fifth in teacher status rankings. https://www.teachermagazine.com/sea_en/articles/indonesia-fifth-in-teacher-status-rankings

Eco, U. (1979). A Theory of Semiotics. https://archive.org/details/theoryofsemioticO000ecou

Fairclough, N. (2013). Critical Discourse Analysis. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315834368

Firda, Z. N., & Fitriatin, N. (2024). Peran Kompetensi Sosial Profesionalisme Guru dalam Membangun Citra Lembaga di MTs. Hidayatush Shibyan Cendoro Palang Tuban. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1635–1644.

Giroux, H. A. (1988). Teachers as Intellectuals: Toward a Critical Pedagogy of Learning. Bloomsbury Academic. https://books.google.co.id/books?id=1Opyme28anEC

Giroux, H. A. (2020). On Critical Pedagogy. Bloomsbury Academic. https://doi.org/10.5040/9781350145016

Goodson, I. F. (1990). ‘Nations at risk’ and ‘national curriculum’: ideology and identity. Journal of Education Policy, 5(5), 219–232. https://doi.org/10.1080/02680939008549073

Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=Vs-BdyhM9JEC

Hikmah, S. N. A. (2021). Representasi strategi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam membuka pembelajaran. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(02), 186–196.

Hooks, B. (2014). Teaching To Transgress. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203700280

Janks, H. (2010). Literacy and Power. Routledge. https://books.google.co.id/books?id=5J4CuAAACAAJ

Kellner, D. (2020). Media Culture. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203205808

Kristeva, J. (2024). Desire in Language: A Semiotic Approach to Literature and Art. Columbia University Press. https://books.google.co.id/books?id=NinoEAAAQBAJ

Mishra, P. (2023). A Study of the Role of Teachers as Mentors in View of NEP 2020: Teachers Perspective.

Mulyani, E., Fauza, N., Charlina, C., Putra, Z. H., Hadriana, H., Novianti, R., & Barokah, R. G. S. (2024). Persepsi Guru dalam Pemberdayaan Pelestarian Warisan Budaya Lokal Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 290–297. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1786

Mustopa, R. A., Sastromiharjo, A., Mulyati, Y., & Damaianti, V. S. (2018). KURIKULUM BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBAL: ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(2), 221–228.

Putri, S. W. M. (2020). Representasi sosial tentang citra guru dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 25(2).

Putri, S. W. M. (2024). Representasi sosial tentang citra guru dalam cerpen †œGuru†karya Putu Wijaya. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 25(2), 248–260.

Rahmawati, D. (2024). Literasi digital dan pengaruhnya terhadap kebiasaan membaca generasi muda. Media Literasi Nusantara.

Sanuhung, F., Nabila, J., Wajdi, M. F., Ningrum, N. R. S., & Agustina, S. (2021). Peran Kurikulum Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran Agama Islam. ARZUSIN, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.58578/arzusin.v1i1.106

Storey, J. (2024). Cultural Theory and Popular Culture. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003388890

Wibowo, T., & Syafuddin, K. (2025). Constructing the Image of Teachers as Educators in the Digital Era through the TikTok Social Media Platform. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 9. https://doi.org/10.32585/jurnalkomdik.v9i1.6038

Downloads

Published

2025-07-28