Perubahan Sastra Digital: Eksplorasi Unsur Pembangun Karya Sastra dalam Novel Dilan 1991 ke dalam Film Dilan 1991 Karya Pidi Baiq

Authors

  • Iin Indayani Universitas PGRI Wiranegara
  • Mardiningsih Mardiningsih Universitas PGRI Wiranegara
  • Sugianti Sugianti Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpb.v15i3.3311

Keywords:

Dilan 1991, Transformasi Unsur Sastra, Sastra Digital

Abstract

Perkembangan budaya digital mendorong karya sastra melampaui medium cetak menuju bentuk audiovisual yang dikonsumsi luas daring. Salah satu contoh signifikan di Indonesia adalah adaptasi novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 (Pidi Baiq) ke film Dilan 1991 (Fajar Bustomi). Penelitian ini menganalisis transformasi unsur pembangun sastra tema, alur, tokoh, latar, sudut pandang, gaya Bahasa ke medium film digital serta pengaruhnya bagi pengalaman audiens. Pendekatan kualitatif deskriptif; data primer: teks novel (2015), film Dilan 1991 (2019), komentar audiens YouTube terpilih. Teknik: pembacaan intensif, koding transformasi (reduksi, penambahan, perubahan), analisis tematik resepsi (gaya bahasa, emosi tokoh, latar nostalgia, evaluasi moral). Analisis dilakukan dengan menggunakan kerangka unsur intrinsik (Nurgiyantoro), analisis formalis, dan sastra digital. Hasil: kerangka naratif utama—kisah cinta remaja Dilan–Milea di Bandung 1990-an dipertahankan namun mengalami transformasi: narasi batin terpangkas; tokoh minor berkurang; adegan sinematik baru (deklarasi pacaran); konflik bergeser dari refleksi verbal ke aksi visual; klimaks lebih performatif; resolusi verbal terganti montage + musik nostalgia. Resepsi audiens digital menunjukkan apresiasi dialog ikonik, keterlibatan emosional, dan nostalgia era 1990-an.

References

Baillot, A. (2023). From Handwriting to Footprinting: Text and Heritage in the Age of Climate Crisis (1 ed.). Open Book Publishers. https://doi.org/10.11647/OBP.0355

Elżbieta, W. (t.t.). Literatura bez granic? Media digitalne i ich wpływ na status sztuki słowa.

ERIANA, A. (2023). SKRIPSI KOMPARASI PENOKOHAN DARI NOVEL KE FILM SEPERTI DENDAM RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS.

Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2020). Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. 91–97.

Ghosal, T. (2023). Global Perspectives on Digital Literature: A Critical Introduction for the Twenty-First Century (1 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003214915

Jones, P. (2023). Narrative Shifts in Film Adaptations: A Comparative Study. International Journal of Media Studies, 28(1), 88-107.Tao, Y. (2022). On the multi-dimensional relationship of visual symbols in film posters. 2021 International Conference on Culture, Design and Social Development (CDSD 2021), 379–382.

Karim, T. M., Paturohmah, P. S., Priyawan, P., & Mansyur, A. S. (2024). VAMPIRE TRANSFORMATION: A COMPARATIVE STUDY OF THE NOVEL AND FILM DRACULA. CALL, 6(2). https://doi.org/10.15575/call.v6i2.19652

Magfirah, M., & AJ, A. A. (2021). The Transformation of the Dilan 1991 Novel by Pidi Baiq into the Dilan 1991 Film by Fajar Bustomi (A Study of Pamusuk Eneste’s Ecranization). INSIGHT, 1(1).

Suhartini, S., & Mustika, I. (2021). APRESIASI SASTRA DIGITAL DI ERA MILENIAL.

Tasayco Campos, C. N. (2023). Arquetipos y planos en la primera secuencia de los personajes de Carlos Alcántara en sus películas del 2014 al 2020.

Triantoko, J., Umar, F. A. R., & Kadir, H. (2021). EKRANISASI NOVEL DILAN 1991 KARYA PIDI BAIQ KE DALAM FILM DILAN 1991 KARYA FAJAR BUSTOMI. 2(2).

Downloads

Published

2025-09-01