Relasi Kekuasaan dan Representasi Perempuan dalam Film Ipar adalah Maut Menggunakan Kajian Semiotika Roland Barthes

Authors

  • Indana Zulfia Universitas PGRI Wiranegara
  • Badriyah Wulandari Universitas PGRI Wiranegara
  • Mardiningsih Mardiningsih Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpb.v15i3.3343

Keywords:

Semiotika, Representasi Perempuan, Relasi Kekuasaan

Abstract

Penelitian ini menganalisis representasi perempuan dan relasi kekuasaan dalam film Ipar adalah Maut menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Pendekatan ini memandang tanda sebagai kesatuan penanda (signifier) dan petanda (signified) yang membentuk makna pada tiga tingkatan: denotasi, konotasi, dan mitos. Metode penelitian bersifat kualitatif dengan data berupa adegan visual, dialog, gestur, dan unsur sinematik yang dianalisis pada ketiga tingkatan makna tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film menampilkan relasi rumah tangga yang tampak harmonis, namun secara simbolik mereproduksi ideologi patriarki. Perempuan digambarkan sebagai sosok sabar, tunduk, dan bergantung pada persetujuan laki-laki dalam pengambilan keputusan domestik. Relasi kekuasaan laki-laki dihadirkan secara halus melalui perhatian, dukungan, dan kepemimpinan simbolik. Sistem tanda visual seperti ruang domestik dan gestur, serta tanda verbal berupa dialog, memperkuat mitos sosial tentang perempuan sebagai penjaga ketenteraman rumah tangga. Film menjadi media yang meneguhkan struktur kekuasaan patriarki melalui representasi keseharian yang tampak egaliter namun sarat makna ideologis.

References

Adipoetra, F. G. (2016). Representasi Patriarki Dalam Film “Batas” (Nomor 1) [Journal: eArticle, Petra Christian University]. https://www.neliti.com/publications/77847/

Asfar, A. M. I. (2019). ANALISIS NARATIF, ANALISIS KONTEN, DAN ANALISIS SEMIOTIK (Penelitian Kualitatif). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21963.41767 Barthes, R. (1994). THE SEMIOTIC CHALLENGE. United Kingdom.

Barthes, R. (2005). Mythologies (Nachdr.). Éd. du Seuil.

Chaysalina, I., & Nadya, N. (2022). ANALISIS POSTER FILM “THE BOYS IN THE STRIPED PAJAMAS (2008)” MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Titik Imaji, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30813/.v5i1.3516

Fella, S., & Sair, A. (2021). “MENJADI KOREA”: MELIHAT CARA, BENTUK DAN MAKNA BUDAYA POP KAREA BAGI REMAJA DI SURABAYA. Journal of Urban Sociology, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30742/jus.v3i2.1232

Hasanah, A. H., & Ismail, O. A. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES MENGENAI KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM YUNI. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 4(2), 1000–1010. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.913

Hill, & Wang. (1977). Elements of Semiology. A Division of Farrar, Straus and Giroux.

Maulida Laily Kusuma Wati, Fatkhur Rohman, & Tommi Yuniawan. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes dan Nilai Moral dalam Film Pendek Tilik 2018 Karya Wahyu Agung Prasetya. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 1306–1315. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.3023

Nofia, V. S. S., & Bustam, M. R. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA SAMPUL BUKU FIVE LITTLE PIGS KARYA AGATHA CHRISTIE. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(2), 143–156. https://doi.org/10.34010/mhd.v2i2.7795 Pakzadian, M., & Tootkaboni, A. A. (2018). The role of gender in conversational dominance: A study of EFL learners. Cogent Education, 5(1), 1560602. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1560602

Pambayun, E. L. (2023). Perempuan vs Perempuan: Realitas Gender, Tayangan Gosip dan Dunia Maya. Nuansa Cendekia.

Putri, A., & Nurhajati, L. (2020). Representasi perempuan dalam kukungan tradisi Jawa pada film Kartini karya Hanung Bramantyo. ProTVF, 4(1), 42–63. https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i1.24008

Qibtiyah, M., & Aminuddin, A. (2024). REPRESENTASI FEMINISME BUDAYA PATRIARKI DALAM FILM GADIS KRETEK (TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(9), 111–120. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v4i9.5503

Rahardjo, D. D. F. (t.t.). REPRESENTASI BUDAYA POPULER DALAM FILM “SLANK NGGAK ADA MATINYA” KARYA FAJAR BUSTOMI. 4.

Rasdiana, R. (2022). Bias dan Kesetaraan Gender, Peranan Ganda, dan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Tana Mana, 3(1), 48–62. https://doi.org/10.33648/jtm.v3i1.230

Sekar Pawestri. (2025). REPRESENTASI FEMINISME DAN KRITIK SOSIAL ATAS PERAN PEREMPUAN DALAM “YUNI 2021” (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLLAND BARTHES). JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.51903/jtikp.v16i1.943

Suhendra, A. (2012). REKONSTRUKSI PERAN DAN HAK PEREMPUAN DALAM ORGANISASI MASYARAKAT ISLAM. Musãwa Jurnal Studi Gender dan Islam, 11(1), 47. https://doi.org/10.14421/musawa.2012.111.47-66

Surahman, S. (2015). REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM INDONESIA: Analisis Semiotika Terkait Feminisme Pada Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.25124/liski.v1i2.818

Sya’dian, T. (2015). Analisis Semiotika pada Film Laskar Pelangi. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51. https://doi.org/10.22303/proporsi.1.1.2015.51-63

Zulaikha, F. I., & Purwaningsih, S. (2021). PEREMPUAN DALAM WAYANG SUNDA: ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP LAKON DRAUPADI DAN ARIMBI. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 35. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.25159

Downloads

Published

2025-08-17