Peningkatan Keterampilan Membaca Anak Usia Sekolah Dasar Awal melalui Metode Montessori di Kota Bima

Authors

  • Ulfa Widayati Universitas Muhammadiyah Bima
  • Noor Leha Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Akhmad Syakir Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Jamiatul Hamidah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Susan Susan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpb.v15i3.3451

Keywords:

Keterampilan Membaca, Sekolah Dasar, Montessori

Abstract

Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang berperan penting dalam perkembangan literasi anak. Namun, hasil asesmen nasional menunjukkan masih banyak anak sekolah dasar di Indonesia yang kesulitan memahami bacaan sederhana, termasuk di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas metode Montessori dalam meningkatkan keterampilan membaca anak usia sekolah dasar awal. Penelitian menggunakan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) dengan subjek 12 anak berusia 6–9 tahun yang belum memiliki keterampilan baca tulis memadai. Instrumen penelitian meliputi observasi kesiapan belajar, tes membaca (pretes–postes), dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan sebagian besar anak memiliki kesiapan motorik (90%) dan minat membaca-menulis (80%) yang tinggi, tetapi perilaku belajar masih rendah (40%). Skor rata-rata pretes membaca sebesar 10,5 dari 20 poin, dengan skor gabungan membaca-menulis 24,33 dari 35 poin. Setelah intervensi Montessori, nilai postes meningkat menjadi rata-rata 14,75 poin, atau terjadi kenaikan +4,25 poin. Hampir seluruh peserta mengalami peningkatan, termasuk anak dengan skor terendah pada tahap awal. Temuan ini membuktikan bahwa metode Montessori efektif dalam memperkuat keterampilan membaca dasar melalui pendekatan multisensori, konkret, dan mandiri. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode Montessori sebagai strategi alternatif peningkatan literasi awal di daerah dengan keterbatasan akses pendidikan formal.

References

Anggriani, M., Hairunisa, H., Akbar, M. R., Mulyadi, M., & Widayati, U. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Berorientasi Literasi dan Pendidikan Karakter Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Kelas V SDN 63 Dodu Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 31–40. https://doi.org/10.37630/jpb.v12i2.833

Cortini, M. (2014). Mix-Method Research in Applied Psychology. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n23p1900

Cristani, M., Maso, S. D., Piccinin, S., Tomazzoli, C., Vedovato, M., & Vender, M. (2021). A Technology for Assisting Literacy Development in Adults with Dyslexia and Illiterate Second Language Learners. Smart Education and E-Learning 2021, 475–485. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2834-4_40

Fadhilatullaili, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Buku Bacaan Berjenjang Pada Siswa Kelas 1 MI Al-Islam Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhammad Ravi Dzulhijj, & Meyniar Albina. (2025). Model Penelitian Campuran (Mixed Method). Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(4), 80–91. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i4.2187

Neuman, S. B., & Celano, D. C. (2012). iving Our Children a Fighting Chance: Poverty, Literacy, and the Development of Information Capital. Teachers College Press.

Pattiwael, E., Wiraswati, A. A. K. S., Utami, I. G. A. A. Y., & Fauzi, A. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI AWAL KELOMPOK B DI TK BAHTERA BUKIT ZAITUN. MANASA, 13(2), 38–55. https://doi.org/10.25170/manasa.v13i2.6081

Pereira, B. (2021). Elementary school students’ attitudes towards cerebral palsy: a raising awareness brief intervention. International Journal of Inclusive Education. https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1900420

Rabiatul Adawiah HT, Rahma Ashari Hamzah, Nurlinda, & Ririn Dewi Aryanti. (2024). Kajian Literatur terhadap Mengembangkan Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA, 14(2), 42–48. https://doi.org/10.37630/jpb.v14i2.2097

Rimadhani, A., & Kristin, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Melalui Syllabic Methode di Sekolah Dasar. JANACITTA, 7(1), 29–37. https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i1.2607

Roebianto, A., Fitrianto, A., & Rahmawati, R. (2022). Pengelompokan Satuan Pendidikan Berdasarkan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021.

Rosati, N. (2021). Montessori Method and Universal Design for Learning: Two Methodologies in Conjunction for Inclusive Early Childhood Education. Ricerche Di Pedagogia e Didattica, 16(2 Special Issue), 105–116. https://doi.org/10.6092/issn.1970-2221/12194

Rosidah, C. T., Akbar, M. R., Pratiwi, D. A., Ningsih, A. G., Owon, R. A. S., Amelia, D. J., Houtman, H., Rukiyah, S., & Puspita, Y. (2021). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI Kelas Tinggi (1st ed.). Media Sains Indonesia.

Slipukhina, I. A., Polishchuk, A. P., & Mieniailov, S. M. (2022). Montessory Pedagogy and the STEM Approach: The Development of Constructivism Ideas in Modern Education. Scientific Notes of Junior Academy of Sciences of Ukraine, 2(24), 100–108. https://doi.org/10.51707/2618-0529-2022-24-12

Snow, C. E., & Matthews, T. J. (2016). Reading and Language in the Early Grades. Future of Children, 26(2), 57–74. https://doi.org/10.1353/foc.2016.0012

Zhang, C., Wang, C., Deng, Z., Gao, J., Ding, Z., & Chen, J. (2024). Hand Copy Performance of Young Children and the Illiterate, Semi-illiterate, and Literate Adults. Current Psychology, 43(9), 8018–8028. https://doi.org/10.1007/s12144-023-05009-x

Downloads

Published

2025-09-30