Peningkatan Keterampilan Membaca Anak Usia Sekolah Dasar Awal melalui Metode Montessori di Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpb.v15i3.3451Keywords:
Keterampilan Membaca, Sekolah Dasar, MontessoriAbstract
Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang berperan penting dalam perkembangan literasi anak. Namun, hasil asesmen nasional menunjukkan masih banyak anak sekolah dasar di Indonesia yang kesulitan memahami bacaan sederhana, termasuk di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas metode Montessori dalam meningkatkan keterampilan membaca anak usia sekolah dasar awal. Penelitian menggunakan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) dengan subjek 12 anak berusia 6–9 tahun yang belum memiliki keterampilan baca tulis memadai. Instrumen penelitian meliputi observasi kesiapan belajar, tes membaca (pretes–postes), dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan sebagian besar anak memiliki kesiapan motorik (90%) dan minat membaca-menulis (80%) yang tinggi, tetapi perilaku belajar masih rendah (40%). Skor rata-rata pretes membaca sebesar 10,5 dari 20 poin, dengan skor gabungan membaca-menulis 24,33 dari 35 poin. Setelah intervensi Montessori, nilai postes meningkat menjadi rata-rata 14,75 poin, atau terjadi kenaikan +4,25 poin. Hampir seluruh peserta mengalami peningkatan, termasuk anak dengan skor terendah pada tahap awal. Temuan ini membuktikan bahwa metode Montessori efektif dalam memperkuat keterampilan membaca dasar melalui pendekatan multisensori, konkret, dan mandiri. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode Montessori sebagai strategi alternatif peningkatan literasi awal di daerah dengan keterbatasan akses pendidikan formal.
References
Anggriani, M., Hairunisa, H., Akbar, M. R., Mulyadi, M., & Widayati, U. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Berorientasi Literasi dan Pendidikan Karakter Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Kelas V SDN 63 Dodu Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 31–40. https://doi.org/10.37630/jpb.v12i2.833
Cortini, M. (2014). Mix-Method Research in Applied Psychology. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n23p1900
Cristani, M., Maso, S. D., Piccinin, S., Tomazzoli, C., Vedovato, M., & Vender, M. (2021). A Technology for Assisting Literacy Development in Adults with Dyslexia and Illiterate Second Language Learners. Smart Education and E-Learning 2021, 475–485. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2834-4_40
Fadhilatullaili, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Buku Bacaan Berjenjang Pada Siswa Kelas 1 MI Al-Islam Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Muhammad Ravi Dzulhijj, & Meyniar Albina. (2025). Model Penelitian Campuran (Mixed Method). Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(4), 80–91. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i4.2187
Neuman, S. B., & Celano, D. C. (2012). iving Our Children a Fighting Chance: Poverty, Literacy, and the Development of Information Capital. Teachers College Press.
Pattiwael, E., Wiraswati, A. A. K. S., Utami, I. G. A. A. Y., & Fauzi, A. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI AWAL KELOMPOK B DI TK BAHTERA BUKIT ZAITUN. MANASA, 13(2), 38–55. https://doi.org/10.25170/manasa.v13i2.6081
Pereira, B. (2021). Elementary school students’ attitudes towards cerebral palsy: a raising awareness brief intervention. International Journal of Inclusive Education. https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1900420
Rabiatul Adawiah HT, Rahma Ashari Hamzah, Nurlinda, & Ririn Dewi Aryanti. (2024). Kajian Literatur terhadap Mengembangkan Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA, 14(2), 42–48. https://doi.org/10.37630/jpb.v14i2.2097
Rimadhani, A., & Kristin, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Melalui Syllabic Methode di Sekolah Dasar. JANACITTA, 7(1), 29–37. https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i1.2607
Roebianto, A., Fitrianto, A., & Rahmawati, R. (2022). Pengelompokan Satuan Pendidikan Berdasarkan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021.
Rosati, N. (2021). Montessori Method and Universal Design for Learning: Two Methodologies in Conjunction for Inclusive Early Childhood Education. Ricerche Di Pedagogia e Didattica, 16(2 Special Issue), 105–116. https://doi.org/10.6092/issn.1970-2221/12194
Rosidah, C. T., Akbar, M. R., Pratiwi, D. A., Ningsih, A. G., Owon, R. A. S., Amelia, D. J., Houtman, H., Rukiyah, S., & Puspita, Y. (2021). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI Kelas Tinggi (1st ed.). Media Sains Indonesia.
Slipukhina, I. A., Polishchuk, A. P., & Mieniailov, S. M. (2022). Montessory Pedagogy and the STEM Approach: The Development of Constructivism Ideas in Modern Education. Scientific Notes of Junior Academy of Sciences of Ukraine, 2(24), 100–108. https://doi.org/10.51707/2618-0529-2022-24-12
Snow, C. E., & Matthews, T. J. (2016). Reading and Language in the Early Grades. Future of Children, 26(2), 57–74. https://doi.org/10.1353/foc.2016.0012
Zhang, C., Wang, C., Deng, Z., Gao, J., Ding, Z., & Chen, J. (2024). Hand Copy Performance of Young Children and the Illiterate, Semi-illiterate, and Literate Adults. Current Psychology, 43(9), 8018–8028. https://doi.org/10.1007/s12144-023-05009-x
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ulfa Widayati, Noor Leha, Akhmad Syakir, Jamiatul Hamidah, Susan Susan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Bahasa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Bahasa bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Bahasa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.








