Reflektivitas Praktik Pedagogis Pendekatan Pembelajaran Mendalam sebagai Prinsip Pembelajaran pada Mata Kuliah Micro Teaching

Authors

  • Ilmiyatur Rosidah Universitas PGRI Wiranegara
  • Sugianti Sugianti Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpb.v15i3.3463

Keywords:

Reflektivitas, Praktik Pedagogis, Pembelajaran Mendalam, Micro Teaching

Abstract

Penelitian ini mengkaji reflektivitas praktik pedagogis mahasiswa dalam mata kuliah Micro Teaching melalui pendekatan pembelajaran mendalam. Pergeseran paradigma pendidikan abad ke-21 menuntut calon guru tidak sekadar menguasai aspek teknis mengajar, tetapi juga memiliki kemampuan reflektif, kritis, dan transformatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi partisipatif, dokumentasi RPP, lembar refleksi, serta umpan balik dosen dan teman sejawat. Analisis dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reflektivitas mahasiswa muncul dalam tiga tahap utama: (1) perencanaan, mahasiswa mulai mempertimbangkan tujuan bermakna, strategi pembelajaran sesuai konteks, meski sebagian masih terbatas pada refleksi normatif; (2) pelaksanaan, refleksi tampak pada kesadaran terhadap interaksi kelas, penggunaan strategi bertanya, komunikasi nonverbal, dan evaluasi berbasis rekaman video; serta (3) evaluasi, mahasiswa menunjukkan refleksi kritis melalui umpan balik. Secara keseluruhan, praktik reflektif ini mencerminkan prinsip pembelajaran mendalam berupa keterlibatan aktif, koneksi bermakna, evaluasi kritis, dan perbaikan berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan reflektivitas mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh kemampuan individu, tetapi juga oleh desain pembelajaran, budaya kelas, dan peran dosen dalam memfasilitasi ruang refleksi. Temuan ini berimplikasi pada pengembangan model pedagogis Micro Teaching berbasis pembelajaran mendalam, yang diharapkan mampu memperkuat kompetensi profesional calon guru sebagai praktisi reflektif yang adaptif terhadap dinamika pendidikan.

References

Anggito A, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (E. D. Lestari (ed.); Pertama). Jejak Publiser. https://bit.ly/3mGdvqg

Atris Yuliarti Mulyani. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100–105. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226

Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2017). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 98. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Dwi Prastyo, Y., & Herlinda Dos Santos, M. (2025). Pembelajaran Mendalam sebagai Strategi Transformasi Pendidikan: Studi Persepsi dan Aspirasi Guru Indonesia. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1073–1085. https://www.jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/949/792

Hasmawaty, H., Saman, A., Syamsuardi, S., Rusmayadi, R., Ruswiyani, E., & Sadaruddin, S. (2024). Refleksi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas. Madaniya, 5(2), 305–311. https://doi.org/10.53696/27214834.745

Ledger, S., & Fischetti, J. (2020). Micro-teaching 2.0: Technology as the classroom. Australasian Journal of Educational Technology, 36(1), 37–54. https://doi.org/10.14742/ajet.4561

Malik, H. K. (2008). Teori Belajar Andragogi Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Inovasi, 5(2), 1.

Purba, A., Pahar Harahap, E., & Yusra D, Y. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi 2021/2022. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(1), 109. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.439

Ridho, M., & Salito, S. (2025). Makna Kegiatan Akhir Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa : Sebuah Pendekatan Kualitatif. JAMED: Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 206–218.

Sekolah, K., Tantangan, D., & Isnayanti, A. N. (2025). CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education Integrasi Pembelajaran Mendalam ( Deep Learning ) dalam Pendahuluan. 8, 911–920.

Tepu Sitepu & Rita. (2017). Jurnal Pendidikan Bahasa. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 67–73.

Wahyudi, W., Kusuma, D., & Winanto, A. (2025). Desain Baru Model Manajemen Pendidikan Dan Pembelajaran Asik-Kritis-Kreatif-Bermakna Untuk Mewujudkan Pembelajaran Mendalam di Sekolah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15(2), 190–207. https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i2.p190-207

Wulanndari, E., Sutikyanto, & Mujiyanto. (2023). Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Educatio, 10(1), 98–104. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6582

Yuliana, C. (2025). Microteaching: Strategi Microteaching Dalam Pembelajaran Efektif (Sepriono (ed.); Cetakan Pe). PT. Sonpedia Publising Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GhJeEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=micro+teaching+dalam+pendidikan&ots=B0FH_aB_ct&sig=Rf1leK1DeOFrcSet4miUl-WPxzQ&redir_esc=y#v=onepage&q=MicroTeachingdalampendidikan&f=false

Downloads

Published

2025-09-17