Analisis Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran di Tengah Pandemik Covid-19 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN Inpres Kalampa II Woha Kabupaten Bima

  • Mulyadi Mulyadi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu peserta didik dan Guru bahasa Indonesia SDN Inpres Kalampa II Woha. Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode pembalajaran daring dan atau luring di tengah wabah Covid-19. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dan observasi. Teknik analisis yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan metode pembelajaran konvensional yang dilakukan secara diskusi, tanya jawab dan tatap muka secara langsung antara guru dan peserta didik menjadi pembelajaran dengan metode luring akibat pandemik wabah Covid -19 menimbulkan masalah baru diantaranya, pelaksanaan  pembelajaran kurang kondusif, kesulitan guru dalam mentransfer materi pelajaran kepada peserta didik. Selanjutnya kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran khususnya materi sastra, keterbatasan sebagian peserta didik dan/atau orang tua peserta didik dalam membeli hanphone dan data internetan mengharuskan guru menggunakan metode luring dalam proses pembelajaran. Untuk menghadapi kendala tersebut, guru bahasa Indonesia SDN Rada Bolo berusaha untuk memberikan materi secara bertahap dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang ada.

Keywords: Analisis pelaksanaan pembelajaran, pandemik Covid-19

References

Bina Nusantara. 2017. Kelebihan dan Kekurangan PembelajaranOnline.https://sis.binus.ac.id/2017/01/18/apa-sajakelebihan-dan-kelemahan-penggunaanonline/. Diakses 01 Agustus 2020.Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)”.
Centers for Disease Control and Prevention (CDC). 15 February 2020. Archived from the original on 26 February 2020. Diakses 01 Agustus 2020Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Volume 3 | Nomor 1 | 6 p-ISSN: 2622-9641 e-ISSN: 2655-1276
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Bandung: Rosdakarya
Novel Coronavirus (2019-nCoV)”. Centers for Disease Control and Prevention. 11 February 2020. Archived from the original on 7 March 2020. Diakses 02 Agustus 2020.
Sevima. 2018. Sistem Pembelajaran Daring (SPDA) Indonesia Kuliah Millennials. https://sevima.com/sistem-pembelajaran daring -spada-Indonesia-kuliah-minnelials/Diakses 02Agustus 2020
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19. Diakses 02 Agustus 2020
Published
2020-06-30
Abstract viewed = 46 times
PDF downloaded = 66 times