Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Powerpoint Meningkatkan Motivasi Belajar
Abstract
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor media pembelajaran. Khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris dasar. Bahasa Inggris dasar memerlukan media pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Salah satunya dengan modul pembelajaran berbasis powerpoint. Modul pembelajaran berbasis powerpoint digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan proses pengembangan modul pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint dalam pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) berupa pengembangan media pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lambitu dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan soal evaluasi sedangkan metode yang digunakan untuk menguji coba media pembelajaran ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan presentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Modul pembelajaran berbasis powerpoint ini telah teruji kefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 47,08%. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa.
References
Hodges, Larry., (1999). Tenis Meja Tingkat Pemula. Jakarta: PT. Rajagrafindo Parsada
Jan tulalesi., (1990). Dikta bermain tenis meja. Jakarta: PT. Mutiara
Kertamanah, Alex., (2003). Teknik dan Taktik Dasar Permainan Tenis Meja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Parsada Jakarta.
Muhajir., (2004). Pendidikan jasmani teori dan praktek sma jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Netra IB., (1974). Statistik Inferensial, usaha Nasional Surabaya-Indonesia.
Soemanto, Wasty., (2004). Pedoman Tehnik penulisan Skripsi (Karya llmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Subagyo, joko., (2004). Metode penelitian dalam teori dan praktek. Jakarta: Rineka cipta.
Sugiyono., (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : PT. rincka cipta.
Suharsini, Arikunto., (2006). Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi., (2006). Metode Penelitian. Jakarta: PT. raja grafindo persada.
Trisnowati, tamat., (2007). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: univensitas terbuka.
Zuriah, Nurul., (2006). Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : Bumi Angkasa.
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.