Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa
Keywords:
Kajian Literatur, Media Pembelajaran Grafisis, Pembelajaran BahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang lengkap kredibel terkait dengan media pembelajaran grafis. Adapun beberapa hal yang ingin diketahui adalah konsep media pembelajaran, konsep media pembelajaran grafis, dan media pembelajaran grafis dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kajian literatur (literature review). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari jurnal bereputasi dengan indikator ter indeks Google Scholar dan Crossref yang diterbitkan dari tahun 2018. Adapun sumber data kepustakaan berupa buku yang akan diambil yakni dari tahun 2013. Media pembelajaran grafis terdiri dari 19 jenis, yakni: gambar/ilustrasi/lukisan; komik; karikatur; kaligrafi; foto; bagan/diagram; grafik; poster; tabel; peta; peta pikiran (mind map); infografik; flash card (kartu kilas); slide; strip story; storyboard; papan flanel; papan buletin (mading); dan lembar kerja (work sheet). Media pembelajaran grafis dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat diterapkan pada semua keterampilan. Catatan penting, walaupun semua media grafis dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa, harus dipastikan media grafis yang diterapkan tidak terlalu rumit. Misal, media grafis sederhana berupa gambar, foto, poster, kartu kilas dapat diterapkan pada kelas awal-lanjut. Adapun media pembelajaran grafis yang berisi banyak informasi seperti infografik baiknya hanya diterapkan pada kelas lanjut ke atas.
References
Akbar, Muh. Rijalul. 2021. “Media Pembelajaran (Pengertian, Ciri, Fungsi, Manfaat, dan Jenis).” rijalakbar.id. Diambil 13 Februari 2022 (https://www.rijalakbar.id/2021/03/media-pembelajaran-pengertian-ciri.html).
Andriyani, Andriyani. 2019. “Kajian Literatur Pada Makanan Dalam Perspektif Islam Dan Kesehatan.” Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan 15(2):178–98. doi: 10.24853/jkk.15.2.178-198.
Anon. 2020. “Mengangkat Literasi Digital Masyarakat.” Wantiknas: Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, 4–7.
Anon. 2022. “Kominfo: Indeks Literasi Digital Indonesia Alami Peningkatan.” liputan6.com. Diambil 12 Februari 2022 (https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4866180/kominfo-indeks-literasi-digital-indonesia-alami-peningkatan).
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. 18 ed. Jakarta: Rajawali Press.
Arthagunantika, Besar, Muhamad Chamdani, dan Rokhmaniyah Rokhmaniyah. 2020. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Grafis Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Tentang Peristiwa Dan Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V SD Negeri 1 Selang Tahun Ajaran 2017/2018.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(2). doi: 10.20961/jkc.v7i2.40690.
Febrianti, Felia. 2019. “Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1):667–77.
Halimatus, Halimatus, Lara Fridani, dan Sri Martini Meilani. 2019. “Pengembangan Media Grafis untuk Pengenalan Life Science pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):383–94. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.318.
Hermawan, Fajar wahyu. 2022. “Literasi Digital Masyarakat Indonesia Mulai Membaik.” Info Publik. Diambil 12 Februari 2022 (https://infopublik.id/kategori/sorot-sosial-budaya/599847/literasi-digital-masyarakat-indonesia-mulai-membaik).
Kominfo, PDSI. 2022. “Siaran Pers No. 15/HM/KOMINFO/01/2022 tentang Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat.” Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Diambil 12 Februari 2022 (http:///content/detail/39488/siaran-pers-no-15hmkominfo012022-tentang-budaya-digital-membaik-indeks-literasi-digital-indonesia-meningkat/0/siaran_pers).
Kustiani, Rini. 2021. “Indeks Literasi Digital Indonesia Sebesar 3,47, Artinya...” Tempo. Diambil 12 Februari 2022 (https://gaya.tempo.co/read/1527295/indeks-literasi-digital-indonesia-sebesar-347-artinya).
Kuswanto, Joko, dan Ferri Radiansah. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.” Jurnal Media Infotama 14(1). doi: 10.37676/jmi.v14i1.467.
Manshur, Ahmad, dan Akhmad Rodhi. 2020. “Pengembangan Media Grafis dalam Pembelajaran.” Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman 2(2):1–13. doi: 10.36840/alaufa.v2i2.313.
Moe. t.t. KBBI: Kamus Besar Bahasa IndonesiaM.
Purwani, Annisa, Lara Fridani, dan Fahrurrozi Fahrurrozi. 2019. “Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):55–67. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.142.
Purwanti, Septy Dewi, Ngatman Ngatman, dan Ratna Hidayah. 2020. “Penerapan Model Course Review Horay Dengan Media Grafis Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Wirun Tahun Ajaran 2018/2019.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(3). doi: 10.20961/jkc.v7i3.40770.
Savila, Farah, I. Made Astra, dan Dewi Muliyati. 2018. “Pengembangan Komik Biografi Sir Isaac Newton Sebagai Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Paint Tool SAI.” Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika 4(2). doi: 10.30870/gravity.v4i2.4031.
Setiawan, Anton. 2022. “Literasi Digital Masyarakat Indonesia Membaik.” Indonesia.Go.Id. Diambil 12 Februari 2022 (https://indonesia.go.id/kategori/editorial/3962/literasi-digital-masyarakat-indonesia-membaik).
Siregar, Tanti Jumaisyaroh, dan Siti Khayroiyah. 2019. “Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Grafis Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru SD Swasta Islam Terpadu Uli Arga Patumbak.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN 2(1):583–88.
Siwi, Dwi Anggraeni, dan Moefty Mahendra. 2018. “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Grafis Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV.” Jurnal Dikdas Bantara 1(2). doi: 10.32585/jdb.v1i2.142.
Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai. 2013. Teknologi Pengajaran. 7 ed. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suganda, Jeni. 2019. “Kemampuan Literasi Digital di Kalangan Ibu-Ibu Muda Surabaya Terkait Informasi Imunisasi (Measles dan Rubella).”
Utami, Larasti Dyah. 2021. “Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara.” Perpustakaan Amir Machmud. Diambil 13 Februari 2022 (https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661).
Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT: Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1 ed. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Bahasa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Bahasa bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Bahasa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.








