Pengembangan Media Pembelajaran Fabel Bebasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 2 SDN Inpres Kalampa 2

  • Desy Ningsih Komlasari STKIP Taman Siswa Bima
  • Syafruddin Syafruddin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Media dalam proses pembelajaran merupakan perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan sehingga terdorong serta terlibat dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pengembangan media pembelajaran fabel berbasis kearifan lokal pada siswa kelas II SDN Inpres Kalampa 2, (2) hasil kelayakan produk pengembangan media pembelajaran fabel berbasis kearifan lokal pada siswa kelas II SDN Inpres Kalampa 2, (3) keefektifan pembelajaran menggunakan media pembelajaran fabel berbasis kearifan lokal pada siswa kelas II SDN Inpres Kalampa 2. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Inpres Kalampa 2. Hasil validasi dari semua validator sangat baik yaitu, validasi media pembelajaran skor rata-rata 90,62% (sangat valid), validator bahasa skor perolehan 98,21% (sangat valid), validator materi skor rata-rata 87,5% (sangat valid), respon positif siswa dalam dengan indikator penilaian pada aspek kemenarikan produk uji skala kecil 10 orang memperoleh persentase klasikal 96,5% (sangat setuju). Uji skala besar berjumlah 20 siswa melakukan pembelajaran dinilai dari pengamatan aktivitas guru memperoleh skor 95,31% (sangat baik), pengamatan aktivitas siswa memperoleh skor 90,90% (sangat baik), respon positif siswa pada pernyataan positif saat pembelajaran diperoleh skor rata-rata 94,2% (sangat setuju), respon negatif siswa pada penyataan negatif pada fabel berbasis kearifan lokal diperoleh 30,9% siswa sangat tidak setuju dengan respon pernyataan negatif pada instrumen penilaian.

Keywords: Media Fabel, Kearifan Lokal, Minat Baca

References

Agustina, Fika. 2017. “Pengembangan Media PAKAPINDO (Papan Kantong Doraemon) Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Sub Tema 3 Pembelajaran 5 Kelas III SDN PUNTEN 01 BATU” Universita Muhammadiyah Malang”

Hardiningsih Sri & Komalasari N Desi. (2022). Permainan Untuk Mengstimulus Kemampuan Untuk Mengenal Huruf dan Kata Siswa Sekolah Dasar dengan Kesulitan Belajar (Disleksia) di SDN 1 Ntonggu Kabupaten Bima. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, STKIP Yapis Dompu Vol. 5 No. 1, Januari 2022, Hal. 243-249. Diambil tanggal 28 Januari 2022 dari http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/

Komalasari Ningsih Desy & Zulkifli. (2021). Pengembangan Media Flash Carduntuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SDN Dori Dunga Kecematan Donggo Kabupaten Bima http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JII /article/view/302

Hafiz, M. 2013. “Research And Development Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Praktis dan Bermakna” dalam Jurnal Ta’adib, Vol. XVI No. 1 Juni 2013, hlm 31.

Lutfiyono, Pandu. 2018. “Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Fabel Menggunakan Metode Think Talk Write Dengan Media Puzzle Pada Siswa Kelas VII.

Published
2022-08-29
Abstract viewed = 258 times
PDF downloaded = 179 times