Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa STKIP Taman Siswa Tahun 2017/2018

  • Subhan Subhan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa STKIP Taman Siswa Tahun 2017/2018” Penelitian jenis kuantitatif ini didesain dengan regresi linear sederhana. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah Seluruh mahasiswa di STKIP Taman Siswa PGSD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pembahasan deskriptif menunjukkan rata-rata hasil sebaran angket perilaku Sosial mahasiswa di STKIP Taman Siswa yaitu 46,46. Nilai angket terendah yang didapatkan mahasiswa adalah 38 dan nilai tertingginya adalah 54. Jika kita saling menghubungkan antara penguasaan materi Aqidah Akhlak/PAI dengan Perilaku Sosial mahasiswa di STKIP Taman Siswa, maka  akan terlihat data yang relevan antara Penguasaan Materi Aqidah Akhlak/PAI terhadap perilaku Sosial mahasiswa di STKIP Taman Siswa yang pada umumnya semua berada pada kategori sangat baik, baik dan cukup. Artinya, Penguasaan Materi Aqidah Akhlak/PAI, secara signifikan mempengaruhi perilaku Sosial mahasiswa di STKIP Taman Siswa. Begitu pula pada analisis inferensial, hasil pengujian hipotesis memberikan kesimpulan bahwa  terdapat Pengaruh Signifikan Penguasaan Materi Akidah Akhlak/PAI terhadap Perilaku Sosial mahasiswa di STKIP Taman Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Penguasan Materi Akidah Akhlak, Perilaku Sosial

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Implentasi Kurikulum) Bandung: Remaja Rosda.
Abdul Latif, 2009, Pendidikan Berbasis Nilai Kemanusiaan. Bandung: Refika Aditama.
Abdul Rahman Saleh. 2009, Psikologi; Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana.
Abdulsyani. 2007. Sosiologi; Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Abdul Rahman Saleh. 2004, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam, (Jakarta: Prenada Media.
Ahmat Amiruddin, 2010. “Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak Terhadap Perilku Ihsan Siswa”. Skripsi (Salatiga, Prodi Pendidikan Agama Islam, STAIN Salatiga, 2010).
Arthur S. Reber, The Penguin Dictionary of Psychology, terj. Yudi Santoso, Yogyakarta.
Asmaran. 1992, Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Rajawali Press.
Akh. Muwafik Saleh. 2012, Membangun Karakter dengan Hati Nurani. Jakarta: Erlangga.
Al Hafizd Ibnu Hadjar Al ‘Asqalani. 2002, Bulughul Maram, terj. Hamim Thohari Ibnu M. Daili. Jakarta: Al Birr.
Abdul Syani. 2007, Sosiologi (Sistematika, Teori dan Terapan). Jakarta: Bumi Aksara.
Azizy, A. Qodri. 2003. Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial. Semarang: Aneka Ilmu.
Asri Budiningsih. 2004, Pembelajaran Moral. Jakarta: Asdi Mahasatya.
American Book Company, Company. 1958, American Book. Educational Psychology. USA: American Book Company.
Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bukhari. 1422 H. al-Jami al-Sah Juz. II Cet. I; t.tp: Daal-Tual-Naja.
Baron, R.A dan Byrne, 2004. Psikologi Sosial. Jakarta; Erlangga.
Beni Ahmad Saebani. 2007, Sosiologi Agama; Kajian Tentang Perilaku Institusional dalam Beragama Anggota Persis dan Nahdlatul Ulama. Bandung: Refika Aditama.
Departemen Agama. 2011, Mushaf Al-Qur’an Terjemah Edisi Tahun 2002. Jakarta: Darus Sunnah.
Depag RI. 2008, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008, Jakarta: Depag RI
Departemen Agama Republik Indonesia. 2011, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Darus Sunnah.
Dzajuli, 1982. Akhlak Dasar Islam. Malang: Tunggal Murni.
Ghumaidi Tatapangarsa. 1984, Pengantar Kuliah Akhlak. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Hamdani Ihsan dan A. Fuad Ihsan. 2007, Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Hurlock, B. Elizabeth. 1995. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Joko Subagyo. 1991, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Jame A. Black dan Dean J 1999. Campion, Metode and Sosial Research, Alih Bahasa E. Koeswara et.al., Metode dan Masalah Penelitian Sosial Bandung: Rifka Aditama.
James Julian M. 2008, The Accelerated Learning for Personality;Belajar Kepribadian, terj. Tom Wahyu. Yogyakarta: Baca.
Krismi Winyang Sari, 2014. “Pengaruh Pendidikan Akidah Akhlak terhadap Siswa Kelas II di MI Al-Hikmah Mampang Jakarta Selatan”, Skripsi (Jakarta: Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarief Hidayatullah Jakarta.
Lawrence Erlbaum. 1987, Psychology, New Jersey: Hillsdale.
Muhammad bin Yazid al-Qazwi Sunnah Ibn Majah Juz. I Beirut: Daral-Fikr. Azhar Arsyad, Retorika Kaum Bijak. Makassar.
Muhaimen et al. 2005. Kawasan dan Wawasan Study Islam. Jakarta: Kencana Wardana Media.
Muhyiddin Abdusshomad. 1993. Etika Bergaul. Bandung: Diponegoro.
Monks, F.J. 2002. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagian . Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Moh. Rifa’I, 1986. Akhlak Seorang Muslim, Semarang: Wicaksana.
Moh. Ardani. 2005. Akhlak Tasawuf. PT. Mitra Cahaya Utama.
Muhammad Izzuddin Taufiq, At Ta’shil al Islam Lil Dirasaat an Nafsiya. 2006. Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam, terj. Sari Nurulita, Jakarta: Gema Insani Press.
Muhammad Izzuddin Taufiq, At Ta’shil al Islam Lil Dirasaat an Nafsiya. 2006; Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam, terj. Sari Nurulita, Jakarta: Gema Insani Press.
Muhammad Sayyid Muhammad Az Za’balawi. 2007, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani Press.
Muhyiddin Abdusshomad,2008. Etika Bergaul di Tengah Gelombang Perubahan (Kajian Kitab Kuning). Surabaya: Khalista.
M. Nur Ghufron. 2011, Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz.
M. Iqbal Hasan. 2001, Pokok-Pokok Materi Statistik 2 Statistik Inferensial. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara.
Mardalis. 1993, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal (Cet. II ;Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad Arif Tiro. 2008. Dasar-Dasar Statistik Edisi III. Makassar: Andira Publisher.
Republik Indonesia. 2004, “Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003” tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sjarkawi. 2009, Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. 1992, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi. 2000, Metodologi Research Jogjakarta: Universitas Gajah Mada.
Suharsimi Arikunto. 2000, Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2003, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta.
Tim Kreatif Matematika. 2009, Matematika SMA/MA Kelas XI Program IPA Jakarta: Bumi Aksara.
Tono Sidik,dkk. 2002, Ibadah dan Akhlak Dalam Islam, Jogja: UII press.
Taufik Yumansyah, 2008. Buku Aqidah Akhlak. Jakarta: Grafindo Media Pratama.
Tim Perumus Cipayung, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Pengelolaan Kurikulum Berbasis Madrasah (Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Untuk Madrasah Tsanawiyah), (Jakarta: Departemen Agama RI.
Veithzal Rivai. 2009, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta:Rajawali Press.
Wijaja Kusuma. 1999, Pengantar Psikologi. Batam: Interaksara.
Warkitri, H. et al. 1990. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika.
Zahruddin A R dan Hasanudin Sinaga, 2004. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 393 times
PDF downloaded = 398 times