Peningkatan Hasil Belajar Mengapresiasi Karya Seni Rupa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Appreciation Card Pada Mahasiswa Semester VIA, Mata Kuliah Pendidikan Keterampilan Seni Rupa Program PGSD di Stkip Taman Siswa Bima Tahun 2017

  • Sulfahri Sulfahri STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar Pada Mahasiswa Semester VI, Mata Kuliah Pendidikan Keterampilan Seni Rupa serta performansi Dosen dan calon guru pada materi mengapresiasi karya seni rupa melalui penggunaan media pembelajaran appreciation card untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu mahasiswa Kelas IV A berjumlah 23 orang Program pendidikan guru sekolah dasar stkip taman siswa bima. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini yaitu ratarata kelas minimal 75, persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%, keberanian mahasiswa dalam mengajukan/menjawab pertanyaan Dosen>=50%, keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran >=75% dan skor performansi Dosen minimal 70. Hasil penelitian diperoleh persentase aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 75.70% dan meningkat menjadi 90.20% pada siklus II. Jadi persentase aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 19.16%. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 59.58 dan meningkat menjadi 80.80 pada siklus II. Jadi rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 35.62%. Sedangkan persentase tuntas belajar klasikal pada siklus I sebesar 56.52% dan meningkat menjadi 86.96% pada siklus II. Jadi persentase tuntas belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 53.86%. Performansi Dosen pada siklus I sebesar 83.85 dan meningkat menjadi 97.35. Jadi performansi Dosen mengalami peningkatan sebesar 16.10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran appreciation card dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, hasil belajar mahasiswa, dan performansi guru pada materi mengapresiasi karya seni rupa pada Kelas IVA STKIP Taman Siswa Bima. Oleh karena itu, sebaiknya Dosen menggunakan media pembelajaran appreciation card dalam pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar

References

Acep Yonni, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Achmad Sugandi, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bastomi. Suwaji. 2003. Kritik Seni. Semarang: UNNES Press.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
BSNP. 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Catharina Tri Anni, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Garha. Oho. 1980. Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hadjar Pamadhi, dkk. 2010. Pendidikan Seni Di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Jools, Tessa dan Denise Grande. 2005. A Case Study in Elementary School Media Literacy and Arts Education. Project SMARTArt. 25-30.
Lee, Alan. 2009. Art Education and The National Review of Visual Education. Australian journal of Education. 218.
Iswidayati, Sri. 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran Seni Budaya. Semarang: UNNES Press.
Mariamah, Fifi Faridah, Ratnah & Suratman. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima Menggunakan Jasa Konsultan Dalam Penyusunan Skrispsi Tahun Akademik 2015. Jurnal MIPA vol. 6 no.2
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 227 Sadiman, Arief S. 2009.
Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Sahman, Humar. 2003. Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang.
IKIP Semarang Press. Saminanto. 2010. Ayo Praktik PTK: Penelitian Tindakan Kelas.
Semarang: RaSAIL Media Group. Sobandi, Bandi. 2008.
Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Bandung: UPI Press. Stone, Sandra J. dan Basanti Chakraborty. Proses Art vs. Product Art: The Theacher's
Dilemma. Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiarto, Eko. 2011. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Lukisan Berbasis Kritik Menggunakan Media Pembelajaran Appreciation Card Bagi Siswa Kelas IX B SMP N 2 Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugono, Dendy. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Suprayekti, dkk. 2009. Pembaharuan Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional. Zainal Aqib, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, SD, SLB, TK. Bandung: CV Yrama Widya.
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 513 times
PDF downloaded = 781 times