Geliat Ekonomi Pasar Ikan Palibelo Kabupaten Bima

  • Mochamad Noeryoko STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Dalam penelitian ini penulis membahas tentang geliat ekonomi pasar ikan palibelo fokus dari penelitian ini yaitu : (1) bagamana para pedagang mendapatkan stok barang dagangan. (2) bagaimana proses penjualan ikan di pasar Ikan Palibelo (3) bagaimana tingkat kesejahteraan pedangang di pasar ikan Palibelo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data terdiri dari sumber data sekunder dan sumber data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, juga dokumentasi. Hasil penelitian (a). pedagang ikan dipasar ikan Palibelo mendapatkan  stok ikan dari pemilik tambak yang ada disekitar teluk Bima bagian tenggara berupa ikan bandeng yang biasa dipelihara ketika musim kemarau karena dimusim hujan tambak rentan terhadap banjir yang sering menyebabkan ikan terbawa banjir dan stok ikan laut lainnya diperoleh dari nelayan yan yang beroperasi di teluk Bima. (b). Pedagang dalam menjual dagangan membuka lapak dipasar ikan Palibelo yang ada di jalan nasional Bima Dompu tepatnya di depan bandara bagian selatan yang buka pada jam 08.00-17.30 Wita. (c). Kesejahteraan pedagang meningkat karena hasil penjualan ikan cukup banyak karena posisi pasar yang sangan strategis yang menghubungkan kota bima denga daerah kabupaten Bima bagian selatan dan kabupaten Dompu.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Geliat Ekonomi, Pasar Ikan Palibelo

References

Adrim, M dan Fahmi, 2010, Panduan Penelitian Untuk Ikan Laut, Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI, Jakarta.
Alwi, Hasan, 2007, Kamus Besar Bahasa Indoesia, Jakarta, Balai Pustaka
Arikunto, S, 2002, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Layli, N, 2006, Identifikasi Jenis-Jenis Ikan Teleostei Yang Tertangkap Nelayan Diwilayah Perairan Pesisir Kota Semarang, Skripsi: Program Studi Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Margono, 1997, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta.
Nybakken, J. W, 1988, Biologi Laut: Suatu Pendekatan Ekologis,( Alih bahasa oleh: H. M. Eidman, Koesobiono, D. G. Bengen, M. Hutomo, S. Sukardjo), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rahman, 1996, Prosedur Penelitian, Jakarta, Rineka Cipta
Siagian, C, 2009, Keanekaragaman Dan Kelimpahan Ikan Serta Keterkaitan Dengan Kualitas Perairan Di Danau Toba Balige Sumatra Utara, Tesis: Program Studi Biologi Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatra Utara, Medan.
Sugiono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung, Alfabeta
Trijoko dan S. Pranoto, 2006, Keanekaragaman Jenis Ikan Sepanjang Aliran Sungai Opak Daerah Istimewa Yogyakarta, Proseding Seminar Nasional Ikan IV: Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Yousda, Amiran, I Ine, Arifin, Zainal, 1993, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Bumi Aksara, Bandung.
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 262 times
PDF downloaded = 312 times