Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima

  • A. Gafar Hidayat STKIP Taman Siswa
  • Tati Haryati STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mendeskripsikan peran guru profesional dalam pembelajaran; 2) Menguraikan upaya guru profesional di lingkungan sekolah; 3) Mengkaji faktor pendukung dan penghambat bagi guru profesional membina karakter religius peserta didik berbasis nilai kearifan lokal maja labo dahu di SDN Sila. Jenis penelitian ini kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan Reduksi Data, Penyajian Data dan Simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Peran guru profesional dalam pembelajaran yaitu; (a) Guru mengintegrasikan pembelajaran nilai spiritual, sosial, jujur, disiplin dan tanggung jawab yang terkandung dalam maja labo dahu; (b) menyampaiakan nilai maja labo dahu, dengan cara percakapan, bercerita, perumpamaan, pembiasaan dan keteladanan: 2) Upaya guru profesional di lingkungan sekolah, yaitu; (a) guru mengarahkan, mengawasi, membina karakter peserta didik dengan nilai spiritual, sosial, jujur, disiplin dan tanggung jawab untuk kepribadian; (b) Membudayakan 3S (senyum, salam, sapa), yasinan bersama setiap hari jum’at, sholat dzuhur secara berjamah, dan kegiatan pesantren kilat, dan lain-lain,: 3) Faktor pendukung dan penghambat, yaitu; (a) Faktor Pendukung; Kurikulum 2013 mendukung pembentukan karakter. Melaui program-program intra dan ekstra; (b) Faktor Penghambat; Kurangnya persamaan persepsi dan komitmen guru. Kurangnya dukungan dari orang tua dan Lingkungan pergaulan

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Peran Guru Profesional, Kearifan Lokal, Nilai Maja Labo Dahu, Karakter Religius

References

Danim, S. (2011) Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ismail, M. H. 2008. Kebangkitan Islam di Dana Mbojo (Bima): 1540-1950. Bogor: Binasti.

Khatimah, (2003) Maja Labo Dahu Sebagai Etika Pengembangan Diri:Telaah Etikah Terhadap Nilai Moral dalam Budaya Etnis Bima. Yogjakarta: UNY Pres.

Kunandar. (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

latifah, Melly,. (2010) Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter Anak. jurnal Sekolah Bakat Prestasi. Wordpres.

Lickona, T. (2013) Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Manizar, E. (2015) Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar, 1(2), 18. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib vol.1 no. 2. Diakses Tanggal 18 November 2018.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nomor, U.-U. R. I. (14). tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Sedyawati, E. (2006) Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suprihatiningrum, J. (2014). Guru profesional: pedoman kinerja, kualifikasi & kompetensi guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suwardani, N. P. (2015) Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Memproteksi Masyarakat Bali Dari Dampak Negatif Globalisasi. Journal of Bali Studies, 5(2).

Syarifuddin, J. (2008) Islam, Masyarakat Madani Dan Demokrasi Di Bima: Membangun Demokrasi Kultural Yang Berbasis Religius. Yogyakarta: CNBS.

Tajib, H. A. (1995) Sejarah Bima Dana Mbojo. Jakarta: Harapan Masa PGRI Jakarta

Wibowo, A. (2015) Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah (Cetakan Ke-1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widiastuti, H. (2016) Peran Guru Dalam Membentuk Siswa Berkarakter, 13.Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses Tanggal 23 November 2018.

Yusutria, M. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 2(1).

Published
2019-06-30
Abstract viewed = 2714 times
PDF downloaded = 2943 times