Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampakĀ degradasi moral sopan santun di salah satu sekolah dasar negeri yang terletak di Kabupaten Batanghari, Kecamatan Muara Bulian, Provinsi Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di SD tempat penelitian berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terjadi penurunan moral sopan santun pada siswa sekolah dasar di salah satu SD negeri yang terletak di Kabupaten Batanghari, Kecamatan Muara Bulian, Provinsi Jambi. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa masih ada siswa yang tidak memenuhi indikator sopan santun yang baik dalam berperilaku di sekolah.
Downloads
References
Astuti. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Degradasi Moral Remaja dalam Perspektif Islam di Desa Jojog Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Lampung:Tidak diterbitkan
Detik News 2018
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara
I. Gede A.B Wiranata.(2005). Dasar-Dasar Etika dan Moralitas. Jakarta:PT Citra Aditya Bakti.
Kurniasih Imas dan Sani Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Meleong, J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nugraha dkk. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Degradasi Moral Peserta Didik di Smk Pelita Bangunrejo. Lampung Tengah:Tidak diterbitkan.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.