Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas VII SMP 4 Madapangga Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Subhan Subhan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, Ingin mengetahui efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) siswa SMPN 4 Madapangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru dilapangan tempat melakukan penelitian, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hail pembelajaran. Hasil penelitian ini, yaitu pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Selain itu, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching Learning (CTL). Adalah pembelajaran yang bukan saja hanya guru yang menguasai pembelajaran dan materi, akan tetapi pembelajaran menuntut siswa untuk selalu aktif mengaitkan pembelajaran dari satu topik ke topik yang lain

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Contekstual

References

Anas Sudijono (2003) Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Amirul Hadi dan Haryono (1998) Metodologi Penelitian PendidikanBandung : CV. Pustaka Setia.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1997) Kurikulum Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas. Jakarta : DEPAG
H.M. Thoha (1996) Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offes.
H.M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Keluarga, (Jakarta: Bulan Bintang, 1984).
Iman, Muis Saad (2004) Pendidikan Partisipatif. Yogyakarta: Safira Insania Press.
Mulyasa (2004) Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto (2003) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiono (2003) Stastitika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-12-30
Abstract viewed = 268 times
PDF downloaded = 228 times