Scaffolding Practices in Sociology Learning: Strategies, Impacts, and Challenges for Teachers in Guiding Digital Native Learners
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpi.v15i1.2707Keywords:
Digital Native, Scaffolding, SosiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) strategi guru dalam memberikan bantuan pembelajaran sosiologi kepada peserta didik digital native, (2) dampak pemberian bantuan pembelajaran sosiologi bagi peserta didik digital native dan, (3) tantangan yang dialami guru dalam praktik scaffolding yang diterapkan. Metode penelitiannya kualitatif jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru sosiologi, peserta didik, dan wakil kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan triangulasi sebgai uji validitas data dan menggunakan langkah-langkah Creswell sebagai teknik analisis data. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru menggunakan strategi scaffolding pada pembelajaran sosiologi untuk digital native. Scaffolding yang dimaksud adalah pemberian bantuan belajar yang diberikan guru kepada peserta didik. Scaffolding tersebut mencangkup (1) tahap pemodelan, yaitu guru memberikan contoh, (2) peniruan di mana peserta didik mengerjakan tugas sesuai contoh, (3) pengurangan bantuan, yaitu peserta didik mulai mengerjakan tugasnya secara mandiri, dan (4) pematangan kognitif. Dampak penerapan strategi scaffolding termasuk dalam pematangan kognitif di mana peserta didik digital native dapat belajar mandiri dan memahami konteks tugas yang diberikan. Tantangan yang dalam praktik scaffolding berasal dari faktor peserta didik yang kurang bisa diajak kerja sama, mudah bosan, dan lain-lain.
Downloads
References
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Desain Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5 ed.).
Eka Putri, E. R. W. (2024). Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran Sosiologi Materi Metode Penelitian Sosial Kelas X-2 SMA Negeri 7 Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(8). https://doi.org/10.17977/um063.v4.i8.2024.9
Ernawati, D. W., Damris, Asrial, & Muhaimin. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Biokimia I (1 ed.). Komunitas Gemulun Indonesia.
Fatkhurrozy, Y. (2024). Penerapan Scaffolding pada Zone of Proxiimal Development (ZPD) Kelas XI 7 SMAN 1 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i3.2024.14
Gani, R., & Adam, A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Rendahnya Minat Baca Siswa Man 1 Ternate. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 6(3), 1–11. https://journalpedia.com/1/index.php/jpp/article/view/3126%0Ahttps://journalpedia.com/1/index.php/jpp/article/download/3126/3167
Handayani, F., & Fauzi, F. (2023). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Digital Native Dalam Pencarian Informasi. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 15(1), 31–39. https://doi.org/10.37108/shaut.v15i1.766
Hasana, I., Kamalya, F. M., Jalaludin, A. M., & Mulyatna, F. (2024). Profil Pengajaran Guru dalam Kaitannya terhadap Motivasi dan Keterlibatan Peserta Didik Kelas XI melalui Model Problem-Based Learning dengan Metode Diskusi- Presentasi dan Direct Instruction. SINASIS, 5(1), 220–230.
Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Perspektif : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694
Iqbal, Y. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding pada Materi Penelitian Sosial sebagai Pemecehan Masalah Sosial. Paradigma, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i2.5486
Jewarut, S., & Sumarni, M. L. (2022). Studi Pemahaman Literasi Digital Serta Efek Domino Perkembangan Soft Skills Siswa Daerah Perbatasan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 505–512. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.151
Kemendikbudristek. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran badan Standar, Kurikulum, dan asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (1 ed.).
Marlina, L., & Rahayu, Y. M. (2025). Penerapan Metode Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development (ZPD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X-1 SMAN 6 Kota Tangerang Selatan. Pro Patria, 8(1).
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto. (2019). Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 628–638.
Oktavia, S. (2019). Peran Perpustakaan Dan Pustakawan dalam Menghadapi Generasi Digital Native. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 81–89. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i12019p081
Prasanti, K., & Wiranata, I. H. (2025). Dampak Negatif Penyalahgunaan Teknologi Terhadap Proses Pendidikan. Senja KKN, 4, 335–345.
Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants, Part II: Do They Really Think Differently? On the Horizon, 9(6). https://doi.org/10.4324/9780203987735.ch5
Rahmawati, S., Astuti, D., & Fadriati. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3032.
Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5033–5045.
Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Silvi, O. (2019). Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menghadapi Generasi Digital Native. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 81–89. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i12019p081
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Sri, R., Mahendra, D. salsabilla, Ummi, N., & Purwaningtyas, F. (2023). Pola Perilaku Penelusuran Informasi Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara di Era Digital Native. Comit: Communication, Information and Technology Journal, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.47467/comit.v1i2.40
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sugiharto, D., Nur Afifah, D. S., & Setiani, R. (2025). Pengembangan Video Pembelajaran pada Model Problem Based Learning dengan Metode Scaffolding Materi Peluang Kejadian untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 229–243.
Susanti, N. E., Wahyu, I., Utami, P., & Trisanti, D. Y. (2024). Analisis Penerapan Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMKN 10 Malang. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(5). https://doi.org/10.17977/um067.v4.i5.2024.2
Vygotsky, L. (1979). Mind in Society (2 ed.). Harvard University Press.
Wahyudi, N. G., & Jatun. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444–451.
Wahyumi, H. K., Darlan, S., & Affandi, M. (2025). Implementasi Pelatihan Pembatik dalam Meningkan Kompetensi TIK Guru SMA. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 397–405.
Wardani, I. R., Putri Zuani, M. I., & Kholis, N. (2023b). Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 332–346. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.92
Yusra, R., Ishaq, G. M., Septiva, S. D., & Gusmaneli. (2023). Strategi Pembelajaran Scaffolding dalam Membentuk Kemandirian Mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 17(1), 28–32. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17874
Zam Ichwan, N. S., Idris, H., & Tikollah, M. R. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI AKL pada Mata Pelajaran PAPJDM di UPT SMK Negeri 1 Gowa. Future Academia, 2(4), 427–442. https://doi.org/https://doi.org/10.61579/future.v2i4.153
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan IPS yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan IPS bersifat akademik. Jurnal Pendidikan IPS tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.