Pengaruh Kekerasan Verbal dalam Keluarga terhadap Kesehatan Mental Anak Usia Dini di Desa Soki

Authors

  • Ulfa Dwiyanti Universitas Muhammadiyah Bima
  • Sukrin Sukrin Universitas Muhammadiyah Bima
  • Yayuk Kusumawati Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpi.v15i4.3305

Keywords:

Kekerasan Verbal, Kesehatan Mental, Anak Usia Dini, Keluarga, Desa Soki

Abstract

Kekerasan verbal dalam keluarga merupakan bentuk kekerasan yang kerap diabaikan namun memiliki dampak serius terhadap perkembangan psikologis anak, terutama pada usia dini. Anak usia dini berada pada fase perkembangan yang sangat sensitif terhadap pengaruh lingkungan dan pola komunikasi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekerasan verbal dalam keluarga terhadap kesehatan mental anak usia dini di Desa Soki, Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, penyebaran angket kepada responden, dan pengumpulan dokumen terkait kekerasan verbal dan kesehatan mental anak. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan verbal seperti bentakan, hinaan, dan ucapan merendahkan yang dilakukan secara berulang memberikan dampak negatif terhadap kesehatan mental anak. Tiga poin penting yang ditemukan adalah: (1) anak menunjukkan gejala kecemasan berlebih dan menarik diri dari lingkungan sosial, (2) gangguan tidur dan penurunan minat bermain sebagai bentuk respon psikologis, serta (3) kesulitan dalam konsentrasi dan proses belajar di lembaga pendidikan anak usia dini. Selain itu, ditemukan bahwa sebagian besar pelaku kekerasan verbal adalah orang tua dengan tingkat stres tinggi dan pola asuh otoriter. Penelitian ini merekomendasikan perlunya edukasi dan pendampingan psikologis bagi keluarga sebagai bentuk pencegahan. Hasil ini menegaskan bahwa kekerasan verbal memiliki pengaruh signifikan terhadap kesehatan mental anak, yang jika tidak ditangani sejak dini dapat berakibat pada gangguan psikologis jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Prentice Hall.

Berk, L. E. (2011). Infants, Children, and Adolescents. Pearson.

Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.

Charlesworth, R. (2017). Understanding Child Development, Loose-leaf Version. Wadsworth Publishing.

Creswell, J. W. (2014). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE.

DeVellis, R. F. (2017). Scale Development: Theory and Applications. SAGE Publications, Inc.

Durrant, J., & Ensom, R. (2012). Physical punishment of children: Lessons from 20 years of research. CMAJ, 184(12), 1373–1377. https://doi.org/10.1503/cmaj.101314

Erikson, E. H. (1993). Childhood and Society. W. W. Norton & Company.

Fadillah, S., Efastri, S. M., & Filtri, H. (2022). PELATIHAN PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF ORANG TUA DAN ANAK UNTUK MENCEGAH KEKERASAN VERBAL. Jurnal ABDI PAUD, 3(1), 17–21. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v3i1.22401

Gershoff, E. T. (2002). Corporal punishment by parents and associated child behaviors and experiences: A meta-analytic and theoretical review. Psychological Bulletin, 128(4), 539–579. https://doi.org/10.1037/0033-2909.128.4.539

Goleman, D. (1996). Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. Pearson.

Indah Juliana. (2024). Bahaya Verbal Abuse terhadap Perkembangan Mental dan Kepercayaan Diri Anak. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 116–126. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i4.3294

Kothari, C. R. (2013). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International Pvt Ltd Publishers.

McEwen, B. S. (2007). Physiology and Neurobiology of Stress and Adaptation: Central Role of the Brain. Physiological Reviews, 87(3), 873–904. https://doi.org/10.1152/physrev.00041.2006

Namira, A. (2025). Ketika Kata Menjadi Senjata: Mengupas Bahaya Kekerasan Verbal Orang Tua dalam Perkembangan anak. Buletin K-PIN, 11(5).

Nurfika Maulidya, I., & Sa’adah, N. (2023). INTERVENSI: POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PRIBADI DAN SOSIAL ANAK. CONS-IEDU, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.51192/cons.v3i1.161

Nurhasanah, S., Adiwinata, A. H., & Nadhirah, N. A. (2023). PERKEMBANGAN EMOSI ANAK DISEBABKAN KEKERASAN VERBAL YANG DILAKUKAN ORANG TUA. AN-NISA, 16(1), 26–38. https://doi.org/10.30863/an.v16i1.3845

Nurhidayatika, N., & Waluyati, I. (2021). DAMPAK KEKERASAN VERBAL DALAM RUANG LINGKUP SOSIAL STUDI KASUS: KELUARGA PETANI DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL. EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ), 4(2), 55–64. https://doi.org/10.33627/es.v4i2.661

Papalia, D., Olds, S., & Feldman, R. (2008). Human Development. McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.

Piaget, J., & Inhelder, B. (1973). The Psychology Of The Child. Basic Books.

Putnam, R. D. (2001). Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. Touchstone Books by Simon & Schuster.

Putrikasari, N. A., & Atmaja, I. K. (2022). ANALISIS DAMPAK KEKERASAN VERBAL ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 9-12 TAHUN (STUDI KASUS DI DESA KEPUH KIRIMAN DALAM, KECAMATAN WARU, KABUPATEN SIDOARJO). J+PLUS UNESA, 11(2), 599–609. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/49611

Rahayu, F. (2024). Peran Keluarga dan Sekolah dalam Membangun Kesehatan Mental Anak. Jurnal Sublimapsi, 5(1), 165. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v5i1.46507

Reswita & Bernadet Buulolo. (2023). Dampak Kekerasan Verbal di Lingkungan Sekolah. CERDAS - Jurnal Pendidikan, 2(1), 9–22. https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.176

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development, 13th Edition. McGraw-Hill.

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2001). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Generalized Causal Inference. Cengage Learning.

Straus, M. A., Hamby, S. L., Finkelhor, D., Moore, D. W., & Runyan, D. (1998). Identification of Child Maltreatment With the Parent-Child Conflict Tactics Scales: Development and Psychometric Data for a National Sample of American Parents. Child Abuse & Neglect, 22(4), 249–270. https://doi.org/10.1016/S0145-2134(97)00174-9

Syukurman, S., Kamaruddin, S. A., & Adam, A. (2023). KEKERASAN VERBAL TERHADAP ANAK (STUDI FENOMENOLOGI DI KELURAHAN PATTINGALLOANG KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR). EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI), 6(1), 197–204. https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1167

Taherdoost, H. (2016). Sampling Methods in Research Methodology; How to Choose a Sampling Technique for Research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 5. https://hal.science/hal-02546796

Wadjo, H. Z., & Fadillah, A. N. (2022). MEMBANGUN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT TENTANG KEKERASAN VERBAL DALAM LINGKUP RUMAH TANGGA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1134–1139. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2978

Zulkarnain, M. (2021). HUBUNGAN ANTARA PERILAKU KEKERASAN VERBAL ORANGTUA DENGAN PERILAKU MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI KOTA BIMA (NTB) [Skripsi, Universitas Gadjah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/195800

Downloads

Published

2025-11-04