Pengembangan Modul Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Nilai Maja Labo Dahu pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpi.v15i4.3484Keywords:
Pengembangan, Modul, Anti Korupsi, Maja Labo DahuAbstract
Pendidikan anti korupsi merupakan upaya pemberantasan korupsi, melalui pendidikan dan penyadaran. Sehingga nilai-nilai anti korupsi diintegrasikan pada pembelajaran di Sekolah. Mengingat Indonesia adalah Negara yang kaya akan nilai-nilai budaya luhur, memungkinkan menjadi basis nilai dalam mengintegrasikan pendidikan anti korupsi agar lebih relevan, mudah dihayati dan bermakna bagi siswa. Masyarakat Bima memiliki nilai budaya yang kental dan sudah mendarah daging yaitu maja labo dahu, sebagai semboyan budaya malu dan takut. Tujuan penelitian ini; 1) Mendeskripsikan pengembangkan modul PAK berbasis nilai maja labo dahu pada siswa Sekolah Dasar; 2) Mengkaji dan menganalisi kelayakan dan kepraktisan modul PAK berbasis nilai maja labo dahu pada siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu R&D menggunakan model 4D, yang dikembangkan melalui 4 tahap yaitu; 1) Pendefinisian; 2) Perancangan; 3) Pengembangan, dan; 4) Penyebaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul PAK berbasis nilai maja labo dahu memperoleh skor rata-rata 85,62% yang termasuk kategori sangat valid. Kemudian uji kepraktisan menunjukkan rata-rata 85,09%, yang berarti modul berada pada kategori sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Modul ini tidak hanya efektif secara pedagogis, tetapi juga kontekstual dengan budaya lokal, sehingga menjadi inovasi yang sesuai dalam membangun kesadaran anti korupsi sejak dini pada siswa Sekolah Dasar.
Downloads
References
Al-Rashidi, K. S. (2024). Controlling embezzlement in Kuwait through situational crime prevention. Journal of Economic Criminology, 6, 100094.
Fu, J., & Zhou, C. (2024). The impact of anti-corruption on mental health: Evidence from China. Journal of Comparative Economics, 52(4), 925–950.
Ginanjar, A., Putri, N. A., Firdaus, D. A., Firdaus, A. A., Sholeha, A. M., & Adiana, R. (2024). Pengembangan E-Modul Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Kearifan Lokal. Integralistik, 35(2).
Hao, M., Hong, J., & Zhang, Y. (2025). Disrupting political ties, enhancing transparency: China’s anti-corruption campaign and corporate R&D disclosure. International Review of Financial Analysis, 103, 104160.
Hatahet, T. (2025). Supporting active learning opportunities with feedback enhances student achievement in pharmaceutical innovation module: Implication of behavioural and cognitive engagement. Social Sciences & Humanities Open, 11, 101347.
Hidayat, A. G., Haryati, T., & Taufik, T. (2024). Development of an Anti-Bullying Pocket Book Cua Meci Angi Based on Local Wisdom Values of Maja Labo Dahu for Elementary School Students. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 14(2), 318–328.
https://jakarta.times.co.id/news/hukum-kriminal/tRDPa8Ja8/Kejagung-Kerugian-Negara-Akibat-Korupsi-pada-2024-Capai-Rp31061-Triliun. Kejaksaaan Agung, Dirilis 31 Desember 2024
https://www.kpk.go.id/id/ruang-informasi/berita/kinerja-kpk-2020-2024. Dirilis 19 Desember 2024
https://kahaba.net/kasus-korupsi-dana-bos-kejaksaan-tahan-kepala-sman-1-woha.Dirilis 9 Desember 2024
Lickona, T. (2013). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.
Mulyadin, M., & Jaedun, A. (2019). Maja Labo Dahu Slogan In Character Education. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.22311
Nurudin, N., Fauzi, M. A. N., & Barory, C. (2024). Pendidikan Anti Korupsi: Konsep Pendidikan Karakter Dan Tantangannya. Educatus, 2(1), 19–26.
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational Design Research, 1, 11–50.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2009). An introduction to educational design research: Netherlands. SLO.
Putri, N. A., Handoyo, E., Martitah, M., & Mustofa, M. S. (2023). Penguatan Literasi Pendidikan Anti Korupsi berbasis Kearifan Lokal dalam Pembalajaran IPS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 561–569.
Rarasati, I., Rosyida, D. A., & Putri, R. O. (2024). Pengembangan Modul Program 4 Anti (Anti Kekerasan Seksual, Anti Perundingan, Anti Intoleransi dan Anti Korupsi) Untuk Siswa Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 547–561.
Rozak, A., & Az-Ziyadah, A. I. (2021). Kebijakan pendidikan di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197–208.
Susanto, D. A., Lestari, A., Husnita, L., Nursifa, N., Huan, E., Amay, S., Siska, F., Pratama, L., Muzeliati, M., & Firdaus, M. (2025). Metode penelitian pendidikan. CV. Gita Lentera.
Taufik, T. (2020). Perbuatan Melawan Hukum Dalam Korupsi Pengadaan Barang Dan Jasa Oleh Pemerintah. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 184–193.
Taufik, T., & Nurwahidah, N. (2023). Urgensi pendidikan anti korupsi bagi perangkat desa sebagai strategi pencegahan korupsi. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 6(1), 1–17.
Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230.
Yang, L., Milanovic, B., & Lin, Y. (2024). Anti-corruption campaign in China: An empirical investigation. European Journal of Political Economy, 85, 102559.
Yassa, S., Hidayat, W., Natasya, S., & Harianti, A. (2023). Nilai-Nilai Filosofis Budaya Luwu dalam Pembelajaran Antikorupsi. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1039–1047.
Zeng, Y., Guan, X., Sun, J., Chen, Y., Wang, Z., & Nie, P. (2025). Enhancing smart healthcare networks: Integrating attribute-based encryption for optimization and anti-corruption mechanisms. Heliyon, 11(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taufik Taufik, Suherman Suherman, A. Gafar Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan IPS yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan IPS bersifat akademik. Jurnal Pendidikan IPS tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.











