Analisis Efektifitas Metode Iqro dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SD

  • Subhan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya adalah interaksi antara peserta didik dengan lingkunganya sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Dengan adanya pembelajaran tersebut banyak faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari lingkungan individu tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode Iqro dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam artikel ini adalah dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa artikel/jurnal sebanyak 5 jurnal. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (Content Analysis). Hasil temuan penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro yang dilaksanakan oleh para guru SD dalam mengajarkan Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro sudah sangat efektif, hal ini terlihat dari kemajuan para siswanya dalam peningkatan bacaan Al-Qur’an. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Al-Qur’an dengan tercapainya target pembelajaran, dengan adanya metode Iqro rata-rata bertambahnya kualitas bacaan Al-Qur’an siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Efektifitas Metode Iqro, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

References

Abdi, Mirzaqon T, & Budi, Purwoko. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal Pendidikan dan Sains. Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.
Abi Alfiah. 2014. “Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas II di MIT Al-Mabrur: Tawangsari.
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, al-Tarbiyah al-Islamiyah, cet.3 (Dar al-Fikr al-Arabi, tt).
Arends. R.I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New Yourk: Mc Graw-Hill.
Bulaeng. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Tartil Melalui Metode Iqra Pada Siswa Kelas V di SD Inpres Tinggimae Kecamatan Somba Opu: Kabupaten Gowa.
Lina Amellia. 2017. “Efektivitas Metode Iqro Modifikasi Dengan Teknik Pembiasaan Dalam Mengingkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini di KB Paud Melati: Banda Aceh.
Meda Sulistya. 2016. “Metode Iqro’ Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Autis”.
Moeslichatoen. 2014. Metode Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Muzayyin Arifin. 2010. Filsafat Pendidikan Islam, Cet. 5. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2015. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Cet. 3. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismail. 2018. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.
Rahmadi Ali. 2017. “Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SDIT Bunayya: Medan.
Rusydan, A. Tabrani. 2012. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
2020-12-15
Abstract viewed = 351 times
PDF downloaded = 215 times