Analisis Home Visit Method dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Inpres Tenga di Masa Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis laratbelakang, proses dan kelebihan maupun kekurangan penerapan Home Visit Method dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Inpres Tenga di masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampiling mengunakan Purposive sampling sedangkan keabsahan data menggunakan triangualasi teknik, sumber dan teori. Tahap akhir melakukan analisa data dengan tahap reduksi data, sajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan Home Visit Method dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Inpres Tenga dilatarbelakangi kendala yang ditemukan dalam pembelajaran Daring. Kendala pembelajaran Daring di kelas V SDN Inpres Tenga dimana tidak semua siswa memiliki Smartphone. Hal ini berkaitan dengan kemampuan ekonomi orang tua siswa kelas V SDN Inpres Tenga dimana sebagaian besarnya adalah petani. Pelaksanaan Home Visit Method dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Inpres Tenga dilaksanakan dengan beberapa tahap: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dan menyusun laporan. Kelebihan Home Visit Method dimana guru dapat melihat, mengawasi secara langsung kegiatan belajar peserta didik selama masa pandemi Covid-19 dan dapat menjalin silatuhrahmi yang erat dengan orang tua peserta didik. Kedua, guru bisa berinteraksi langsung dengan siswa terkait materi pembelajaran sehingga terhindar dari miskomunikasi. Kelemahannya, dimana sebagian tidak mengikuti pembelajaran, siswa mengutamakan kegiatan yang lain seperti bermain. Demikian halnya dengan waktu belajar dalam Home Visit Method yang sedikit sehingga sulit menjangkau materi IPS yang laus.
Downloads
References
Cintiasih, Tiara. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Handayani, Diah, dkk. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. volume 40, nomor 2, April 2020. p-ISSN 0853-7704. Jakarta: Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
https://vivahealth.co.id/article/detail/13439/mengenal-covid-19. Diunduh, Rabu, 18-08-2021 pukul 18:32.
Konita Dian Dwita, Ade Irma Anggraeni. Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Program Pascasarjana Magister Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Magister Manajemen. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
Loviana, S., & Baskara, W. N. (2020). Dampak pandemi covid-19 pada kesiapan pembelajaran tadris matematika IAIN Metro Lampung. Epsilon, Vol 1(2), 61–70.p-ISSN: 2685-2519 e-ISSN: 2715-6028. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Majid, Abdul. (2017U). Strategi Pembelajaran, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Mendiknas, (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Moeloeng, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mokodompit, Intan Safitri. (2020). Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, Desember 2020: 119-131. ISSN (Online): 2550-1038. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotamobagu.
Nahdi, K. dkk. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5(1), 177-186.ISSN: 2549-8959.
Satori, Djam’an & Aan Komalasari. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sholeh, Abdul. (2021). Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 5 No 1, Januari 2021, pp 80-89. Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, Indonesia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol 5(3), 133–140. ISSN: 2477-4715. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.
Sukardi, Dewa Ketut. (2008), Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Edisi Revisi. Jakarta: Rhienka.
Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Proses Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Surat Edaran Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga Nomor: 001/ 80 /01.1/B/2021 tanggal 26 Januari 2021 tentang Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bima.
Surat Edaran Sekretariat Daerah Kabupaten Bima Nomor 360/002/06.23/2021 tanggal 26 Januari 2021 tentang Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Pemerintah dan Pendidikan dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bima.
Susilo, Adityo, dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Tim Penanganan Kasus pasien dengan Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-emerging Disease (PINERE) RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta 2Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN IPS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.