Integrasi Metode Pembelajaran Talking Stick dan Metode Pembelajaran Tebak Kata di Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Sepauk

  • Fatkhan Amirul Huda STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Munawar Thoharudin STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui integrasi metode talking stick dan metode tebak kata pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 sepauk. Berdasarkan observasi didapatkan masih rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS yang lebih rendah dari KKM yaitu 70. Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 65% dengan kriteria baik. Pada siklus II hasil aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,22% dan meningkat di siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 82,83%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 10,61%. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 60,86% dengan 14 orang tuntas dan 9 orang tidak tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 91,3% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang dan 2 orang tidak tuntas. Peningkatan ketuntasan klasikal siswa adalah sebesar 30,43%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui integrasi metode talking stick dan metode tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema pengaruh Interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan di kelas VIII di SMP Negeri 4 Sepauk.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Metode Talking Stick, Metode Tebak Kata, Hasil Belajar

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Gagne, R. M. (1989). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah Munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Manurung, H. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Kelas VII-2 SMP Negeri 3 Kota Tebing Tinggi. School Education Jurnal PGSD FIP UNIMED, 8(1), 2013–2015. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/9773/9234

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, M. W., Rustini, N. K. P., & Susrawan, I. N. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas VIII 6 SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Riyanto, & Ndapa Ate, Y. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Pada Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata Pada Siswa Kelas VII SMP Kristen 1 YPK Malang. 5(1), 84–92.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Windari, Suniti, S. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII B Di MTsN 1 Losari Kabupaten Cirebon. EDUEKSOS: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 6(1), 791–792. https://doi.org/10.2331/suisan.35.791

Published
2021-12-23
Abstract viewed = 95 times
PDF downloaded = 62 times