Peran Gender Dalam Konsep IPS Melalui Permainan Sepak Bola Bagi Perempuan (Studi Kasus Pada Peserta Didik di Kabupaten Garut)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran gender dalam konsep IPS Melalui olahraga sepak bola terutama bagi kaum perempuan. Sedangkan metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memperoleh informasi yang lebih dalam peneliti melakukan wawancara kepada narasumber mengenai pandangan mereka terhadap keterlibatan perempuan dalam olahraga sepak bola. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dimana partisipan dalam penelitian ini dalah peserta didik SDN Pakuwon, MTs 1 Garut, dan SMA Muhammadiyah. Sedangkan lokasi yang digunakan untuk penelitian adalah Lapangan Alun-Alun Garut tepatnya Jalan Ahmad Yani No. 22, Paminggir, Kec. Garut Kota Kab. Garut, Jawa Barat. Alasan peneliti memilih tempat ini adalah karena terdapat beberapa sekolah yang dekat dengan lokasi penelitian sehingga memudahkan peneliti mengambil subjek dan melakukan wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian di lapangan Alun-Alun Garut bahwa permainan sepak bola masih didominasi oleh laki-laki, meskipun terdapat perempuan yang menyukai olahraga tersebut. Tetapi, stereotipe tentang partisifasi perempuan dalam olahraga tersebut masih saja ada, bahkan sebaiknya keberadaan perempuan dalam permainan sepak bola dipisahkan dengan laki-laki karena perbedaan fisik dan psikologis antara keduanya.
Downloads
References
Camphel, I. (2012). Sejarah Sepak Bola Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/totok/sepakbola-sejarah-sepak-bola-indonesia
Hajir, M. (2020). Bias Gender Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Sma Kurikulum 2013 Edisi Revisi. UMsurabaya. http://repository.um-surabaya.ac.id/4832/
Kasmawati. (2013). Gender dalam persfektif islam. Sipakalebbi, 1(1), 55–68.
Markovis, S, A. & H. (2013). Women’s soccer in the United States: yet another American ’exceptionalism. Academia. https://www.academia.edu/614929/Womens_soccer_in_the_United_States_yet_another_American_exceptionalism
Martanti, F. (2018). Penanaman Konsep Gender Pada Mata Pelajaran Ips Sd. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 8(1), 78–95. https://doi.org/10.31942/mgs.v8i1.1993
Puspitasari, R. (2019). Equalita, Vol. 1 Issue 1, Agustus 2019 Avaliable online at http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/5161 Diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia. Equalita, 1(1), 1–20.
Raswin. (2014). Perbandingan perempuan dalam olahraga di Indonesia dengan negara Colombia. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 38–44.
Rustanto, D. & Rustanto, S. (2013). Nilai-Nilai Sosial Dalam Permainan Sepak Bola Pada Pendidikan Jasmani Di Kelas VII SMPN 14 Yoyakarta. Olahraga.
Sadli, S. (2010). Berbeda tetapi setara: pemikiran tentang kajian perempuan. Kompas. https://books.google.co.id/books?id=VWcFdXwUiTEC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alphabet.
Syaribulan, S., & Nurdin, N. (2017). Geneologi Gender pada Perempuan Pembuat Ikan Kering. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(1), 96–105. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i1.517
Wasono. (2015). Kesebelasan Putri Surabaya Juarai Turnamen Piala Bude Karwo. Tempo. https://bola-tempo-co.cdn.ampproject.org/v/s/bola.tempo.co/amp/661364/kesebelasan-putri-surabaya-juarai-turnamen-piala-bude-karwo?amp_js_v=a6&_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16406850283733&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari %251%24s&share=https%3A%2F%2Fbola.tempo.co%2Fread%2F661364%2Fkesebelasan-putri-surabaya-juarai-turnamen-piala-bude-karwo
Wicaksana, A. W. P. (2016). Konstruksi sosial sepak bola perempuan (Studi seskriptif pemain sepak bola perempuan di Surabaya). FISIP - Universitas Airlangga, 1–20.
Yunisial, P. (2017). Minat Siswi Sltp Terhadap Permainan Sepak Bola Wanita Di Ssb Queen Kota Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i1.6638
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN IPS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.