Budidaya Rumput Laut dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Laju Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima)

  • Syahbuddin Syahbuddin STKIP Taman Siswa Bima
  • Habibah Habibah STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan budidaya rumput laut dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa Laju. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunankan desain studi kasus untuk untuk menyelidiki secara mendalam dan detail suatu peristiwa dalam kehidupan nyata. Dalam hal ini meyelidiki budidaya rumput laut di desa Laju . Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sampling dalam penelitian ini menggunakan poerposive sampling sedangkan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Analisa data interaktif yang terdiri dri tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian penyimpulkan bahwa: (a) budidaya rumput laut di desa Laju kecamatan Langgudu kabupaten Bima menggunakan teknik lepas dasar dengan tahap-tahap: menentukan lokasi, pemilihan bibit, penanaman bibit, pengendalian hama dan penyakit, panen, pasca panen/penjemuran. (b) Budidaya rumput laut mampu meningkatkan pendapat ekonomi masyarakat di desa Laju kecamatan Langgudu. Hal ini didukung beberapa faktor;  harga rumput laut yang baik, warna kuning dijual dengan harga Rp. 14.000/kg sedangkan rumput laut warna hijau dijual Rp. 15.000/kg; proses budidaya rumpur laut yang tidak rummit, dan; biaya yang relaif murah. Keadaan ini memberikan kesmepatan kepada masyarakat untuk meningkatkan kehidupan ekonomi sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup baik pangan, sandang, papan maupun pendidikan anak-ananya.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Budidaya, Rumput Laut, Ekonomi

References

Antari, Ni Kadek Nita, Made Suyana Utama. (2019). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Pendapatan Petani Rumput Laut. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.8, No.1 Januari 2019. 8 [1]: 179-210 ISSN: 2303-0178.

Arthatiani, Freshty Yulia, Budi Wardono, Estu Sri Luhur dan Tenny Apriliani. (2021). Analisis Situasional Kinerja Ekspor Rumput Laut Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kebijakan Sosek KP Vol. 11 No. 1 Juni 2021: 1-12. Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. (2004). Teknik Budidaya Rumput Laut. Departemen Pendidikan Nasional.

https://www.liputan6.com/bisnis/read/2268245/rumput-laut-mampu-tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat-pesisir. Diakses 28/12/2021 pukul 21:09.

Julianto, (2014). Eucheuma Cottonii, Seaweed bag, drowth. Jurnal Ilmiah: Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyah.

Kasanah, Noer, Setyadi, Triyanto, Tyas Ismi T. (2019). Rumput Laut Indonesia: Keanekaragaman Rumput Laut di Gunung Kidul Yogyakarta, UGM Press.

Kasman, Hartina. (2020). Analisis Pendapatan Petani Rumput Laut Eucheuma cottoni di Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo.

Moldjo, Indah. dkk. (2021). Keadaan Sosial Ekonomi Petani Rumput Laut Di Desa Nain

Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Akulturasi; Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan. Vol. 9 No. 2 (Oktober 2021). p-ISSN. 2337-4195 / e-ISSN: 2685-4759. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mugi Muliyono, Lusi Br Ritonga. (2019). Kamus Akuakultur (Budidaya Perikanan), STP Press.

Neksidin, Utama. K. Pangerang, dan Emiyarti. (2013). “Studi Kualitas Air untuk Budidaya Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii) di Perairan Teluk Kolono Kabupaten Konawe Selatan.” Jurnal Mina Laut Indonesia 3 (12):147–155.

Noer Kasanah, Setyadi, Triyanto, Tyas Ismi T., (2019). Rumput Laut Indonesia: Keanekaragaman Rumput Laut di Gunung Kidul Yogyakarta. UGM Press.

Purta, M,H,K., (2018). Modal sosial dalam sistem produksi pada aktifitas budidaya petani rumput laut di kabupaten bantaeng.

Tell, Yulianto. (2020). Analisis Teknis dan Faktor Pendukung Keberhasilan Budidaya Rumput Laut di Perairan Alor Besar. Jurnal Akuakultura 4 (2), 21-30 (2020). Program Studi Perikanan, Fakultas Pertanian dan Perikanan Universitas Tribuana Kalabahi.

Widyastuti, Endang. (2013). Analisa Budidaya Rumput Laut dalam Peningkatan Pendapatan

Keluarga di Desa Lobuk Kecamatan Bluto. Jurnal “Performance” Bisnis & Akuntansi Volume III, No.1, Maret 1013. Fakultas Ekonomi Universitas Wiraraja Sumenep.

Published
2021-12-31
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 8 times