Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Ecopedagogy terhadap Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik

  • Siti Tartila Institut Pendidikan Indonesia
  • Eldi Mulyana Institut Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran IPS terhadap peningkatan kecerdasan ekologis peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Garut. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test yang menunjukkan bahwa pendekatan ecopedagogy dapat meningkatkan kecerdasan ekologis peserta didik. Dari hasil posttest kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol,berdasarkan hasil pretest dan posttest yang menunjukan bahwa rata-rata nilai N Gain 4,31. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan lebih tinggi didapat dari kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan ecopedagogy yang artinya pembelajaran IPS berbasis ecopedagogy meningkatkan kecerdasan ekologis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pendekatan Ecopedagogy, Kecerdasan Ekologis, IPS

References

Capra, F. (2005). Ecological Literacy : Educaating Our Children for a Sustainable World. San Fransisco : Sierra Club Books.

Clark, K. E. (2013). Ecological Intelligence and Sustainable Education in Special Education. FALL : Sustainability Education, 38-45.

Gadoti. (2010). Reorienting Education Pratice Towards Sustainability. Journal of Education for Sustainability. Journal of Education for Sustainability, 204.

Goleman. (2010). Kecerdasan Ekologis : Mengungkap Rahasia di Balik Produk-Produk yang Kita Beli. Jakarta: Gramedia.

Muhaimin. (2015). Membangun Kecerdasan Ekologis Model Pendidikan untuk Meningkatkan Kompetensi Ekologis. Bandung: Alfabeta.

Prasetya. (2014). Memfasiltasi Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Geografi, 12(1), 1–12.

Soemarwoto. (2007). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sumarmi. (2008). Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual. . Jurnal Ilmu Pendidikan, 19–25.

Supriatna, N. (2016). Ecopedagogy, Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2022-06-30
Abstract viewed = 65 times
PDF downloaded = 63 times