Inovasi Pembelajaran IPS Melalui Adobe Animate Creative Cloud

  • Lilik Purnamawati Institut Pendidikan Indonesia
  • Eldi Mulyana Institut Pendidikan Indonesia

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu ilmu pengetahuan yang diajarkan dalam pendidikan di Indonesia. Pendidikan dan Pembelajaran IPS memiliki peran yang sangat strategis baik di tinjau dari aspek akademik maupun kepentingan berbangsa dan bernegara. dijelaskan bahwa IPS merupakan kajian yang wajib dimuat dalam kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah yang antara lain mencakup ilmu geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi yang dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat. Pengamatan dalam kegiatan penelitian difungsikan sebagai salah satu cara untuk membawa keadaan yang nyata kepada peserta didik. Secara tidak langsung sebagai contoh nyata dari ilmu sosial yang sedang dipelajari, menerapkan dengan metode penelitian kuantitatif sehingga dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan intrumen penelitian, analisis data bersifat statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. hasil yang ditunjukkan dari suatu interaksi tindak belajar dan ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik mendapatkan pengajaran yang lebih yang efektif perlu adanya inovasi terbaru dengan memanfaatkan perkembangan teknologi slah satunya dengan menggunakan media pembelajaran melalui Adobe Animate Creative Cloud. Media yang menarik dan menyenangkan dapat memberikan manfaat sehingga meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam proses belajar. Media pembelajaran juga dapat memperjelas penyajian informasi sehingga dapat memudahkan penyerapan materi pembelajaran kepada peserta didik serta membantu para guru mengembakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Adobe Animate CC, Inovasi Pembelajaran, Pendidikan IPS, Media Pembelajaran

References

Abdul, R., & Yenni, E. (2018). Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Multidisiplin , 44.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Herdiana, D. (2021). Inovasi Proses Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Kelas Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19. In UrbanGreen Conference Proceeding Library, 133.
Karta, R. (2021, Juni 26). Guru Gaptek Dipaksa Melek Iptek. Retrieved from https://www.republika.co.id/: https://www.republika.co.id/berita/qv9yit282/guru-gaptek-dipaksa-melek-iptek
Mahmud. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Nurgiantoro. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE Yogyakarta.
Santi, K. (2014). Penerapan model dual – coding dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 3 Mande Kabupaten Cianjur). repository upi.
Nika, M. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Berbasis Macromedia Flash Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Di MTsN 4 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah.
Nurhasana, P. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran IPS Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SD. Journal Civics & Social Studies.
Saputro, A. (2018). Panduan Praktis Membuat Mini Games Android Menggunakan Adobe Animate CC. Yogyakarta: Andi.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
T Heru, N. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revousi Industri 4.0. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 95.
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 72 times
PDF downloaded = 80 times