Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Eldi Mulyana Institut Pendidikan Indonesia Garut

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik, kemampuan menghubungkan kognitif dengan dunia luar sehingga mampu membuat keputusan, pertimbangan, tindakan, dan keyakinan. Berdasarkan pra-penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Salah satu pendekatan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini menggunakan quasy eskperimen, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Asy-Syarifiyah Garut, tehnik pengambilan sampel menggunakan sample rondom sampling, dimana kelas VII-A merupakan kelas eksperimen dan kelas VII-B merupakan kelas kontrol penelitian dengan materi dinamika penduduk indonesia. Instrumen yang digunakan untuk kemampuan berpikir kritis adalah pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pengelolaan data menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai Sig.0.021 dan α = 0,05 berarti Sig. < α, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan berpikir kritis peserta didik selama pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik (VII-A) lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan pendekatan konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis

References

Alif Hidayah, (2014) Pengaruh Cooperative NHT dan Think Pair Share (Tps) Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS, Jurnal Teknologi Pendidikan pasca sarjana unimed. Volume 7, no.1, halaman 1-114. Medan

Adinda, Anita. 2016. Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma. 4 (1): 125-138

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irdayanti, Lieska Sukma. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended Materi Teorema Pythagoras Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung

Kemendikbud, (2014). Peraturan Bersama No 5496/C/KR/2014 Dan No 7915/D/KP/2014 Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Direktur Jendral Pendidikan Menengah. Jakarta: kemendikbud

Lestari, Wijayanti. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa 215 dan Jenis Kelamin pada Materii Kubus dan Balok. Jurnal ilmiah pendidikan matematika VOLUME 2 NO.06 TAHUN 2012. ISSN:2301- 9085

Maryani, enok (2011). Pengembangan program pembelajaran IPS untuk peningkatan keterampilan sosial. Bandung: Alfabeta.

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusmawan. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Th XXXII. No.2. h.286

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pemahaman. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitattif kualitatif dan R & D.Alfabeta.Bandung

Sundayana. (2015). Statistik penelitian pendidikan. Bandung: alfabeta. Cv.

Santrock. 2010. Karakteristik Tape Buah Sukun Hasil Fermentasi Penggunaan Konsentrasi Ragi Yang Berbeda. journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/.../57Translate this page. diakses 12 April 2013.

Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Published
2022-06-30
Abstract viewed = 592 times
PDF downloaded = 568 times