Pendekatan Etnopedagogi Sebagai MEdia Pelestarian Kearifan Lokal dalam Kegiatan PAsar Budaya UIN KHAS Jember.

  • Nila Lailatuz Zahro UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Milati Himatuna UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Erfan Efendi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Moh Alfi Nasihuddin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Wilda Holida UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Siti Aisyah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstract

Pasar budaya merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh salah satu organisasi ekstra kampus yang ada di UIN KHAS Jember yaitu organisasi PMII rayon FTIK. Kegiatan pasar budaya ini merupakan kegiatan dimana para organisasi daerah asal mahasiswa yang ada di UIN KHAS Jember di wadahi untuk menampilkan kebudayaan daerah asalnya. Dalam pelaksanaannya, ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan dimulai dari pasar tradisional, tari kontemporer, dan festival carnaval Budaya (pagelaran musik budaya dan fashion carnaval). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pendekatan etnopedagogi sebagai media pelestarian kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Sedangkan dalam proses  pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pendekatan Etnopedagogi, Pelestarian Kearifan Lokal, Pasar Budaya

References

Arif Wibisono, M. (2019). Fungsi Sosial Pasar Rakyat Bagi Masyarakat Desa Tasik Serai Barat Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hilman, I., & Hendriawan, N. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018 MODEL REVITALISASI DAN PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL DALAM MENGELOLA SUMBERDAYA AIR PADA MASYARAKAT ADAT KAMPUNG KUTA KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT.

Jurnal, J. E. C., Cendikia, E., & Tengah, M. M. (2018). Jec (jurnal edukasi cendikia). 2, 17–24.

Muzakkir. (2021). Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(2), 28–39. https://media.neliti.com/media/publications/346912-pendekatan-etnopedagogi-sebagai-media-pe-0913c119.pdf

Ningsih, D. N., & Cysbya Erdlanda, F. M. (2019). Nilai Pendidikan Dalam Kesenian Rengkong Di Cianjur Jawa Barat: Kajian Etnopedagogi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01), 1–12. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.201

Sosietas, M. R. (2020). Pengembangan Pembelajaran Sosiologi Berbasis Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kasepuhan Ciptagelar. Sosietas, 10(1), 825–833.

Susilaningtiyas, D. E., & Falaq, Y. (2021). Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Etnopedagogi: Sumber Pengembangan Materi Pendidikan Ips Bagi Generasi Millenial. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2), 45. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i2.49391

Syahrin, A. A., & Mustika, B. (2020). Etnopedagogi Berlandaskan Nilai-Nilai Rumah Betang dalam Pembelajaran Sosiologi. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 199–216. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3923

Via Fitriana Putri, Bono Prambudi, & Hamdi Sari Maryoni. (2020). Sinopsis pengaruh budaya kearifan lokal terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten jepara. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 9(1 SE-Articles), 43–47. https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/379

Published
2022-12-31
Abstract viewed = 826 times
PDF downloaded = 612 times