PENGARUH PENERAPAN KOMPARASI METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN METODE DRIIL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH SEJARAH INDONESIA ABAD XIX-XX

  • Zuriatin Zuriatin STKIP Taman Siswa Bima
  • Roni Irawan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Sejarah Indonesia Abad XIX-XX dengan menerapkan komparasi metode number head together dengan metode driil. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk esay. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji-t pada taraf signifikan 5%, sebelum menggunakan uji-t terlebih dahulu dilakukan perhitungan prasyarat yaitu menguji normalitas data. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 dan nilai ini lebih kecil dari 0.05 (0,00< 0,05) maka dapat diketahui hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif ( Ha) dan Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan komparasi NHT dengan driil terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Sejarah Indonesia Abad XIX-XX di STKIP Taman Siswa Bima.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: number head together, driil, pemahaman

References

Barmby, P., Harries, T., Higgins, S., Suggate, J. 2007. “How Can Asses Mathematical Understanding?”.Proceedings of the 31st Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. pp. 41-48. Seoul: PME.
Baroody, A. J. 1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Macmillan Publishing Company.
Depdiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
K, Roestiyah N.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rieneka Cipta
Mousley, J. tt. What Does Mathematics Understanding Look Like?. Deakin University.
Polya, G. 1973. How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
Skemp, R. R. 1971. The Psychology of Learning Mathematics. Middlesex: Penguin Books.
Skemp, R. R. 1976. Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77 , 20-26.
Skemp, R. R. 1987. The Psychology of Learning Mathematics (Expanded American Edition). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Rusman, Dr. 2011. Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Published
2017-06-30
Abstract viewed = 51 times
PDF downloaded = 66 times