Penerapan Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Matapelajaran TIK untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Madapangga

  • Ita Fitriati STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Matapelajaran TIK untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Madapangga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diterapkan pada siswa kelas VIII/B SMP Negeri 1 Madapangga dengan jumlah siswa 29 orang. Siklus penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : (1). Data tentang aktivitas belajar siswa dengan menggunakan lembar observasi, (2). Data hasil belajar siswa dengan menggunakan tes tertulis pada setiap akhir siklus. Tercapai ketuntasan belajar klasikal, yaitu minimal 85% siswa dapat mencapai nilai ≥70 dan aktivitas belajar siswa minimal berkategori cukup aktif merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: (1). Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,4 dan tergolong dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 3,6 tergolong dalam kategori Aktif. (2). Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh dari siklus I sebesar 72,41% dan pada siklus II sebesar 89,65%.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: SAVI, TIK, Aktivitas, Hasil Belajar

References

Bobbi DePorter, M. R.-N. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Penerbit Kaifa.
Ibrahim, N. (2014). Perencanaan Pembelajaran (Teoris dan Praktikum). Bandung: Mitra Abadi.
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Published
2017-12-30
How to Cite
Ita Fitriati. (2017). Penerapan Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Matapelajaran TIK untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Madapangga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 80-84. Retrieved from https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/1
Abstract viewed = 222 times
PDF downloaded = 348 times