Upaya Mengembangkan Bahan Ajar IPA dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 63 Kota Bima

  • Fifi Faridah STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar IPA sebagai upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV SDN 63 Kota Bima. Jenis Penelitian ini adalah penelitian PTK yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan evaluasi, refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar obeservasi, tes evaluasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kesulitan belajar dan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA  di  SDN 63 Kota Bima disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan kondisi mental psikologis siswa serta belum dilakukannya pengembangan bahan ajar,  akibatnya banyak siswa yang mempelajari materi IPA dengan setengah hati atau minat yang terbatas. Upaya strategis untuk mengembangkan dan meningkatkan minat belajar siswa di  SDN 63 Kota Bima dilakukan melalui inovasi pembelajaran IPA  yang sistematis misalnya guru yang mengajar harus memiliki pengetahuan dan latar belakang 2011/2012.  2) Pendidikan IPA yang bagus, melalui aktifitas serta  kreatifitas dalam mengembangkan Bahan ajar IPA sehingga dapat  mempengaruhi minat dan aktifitas belajar siswanya. 3) hasil tes menunjukkan nilai rata-rata kelas meningkat signifikan menjadi 9,4 atau mengalami peningkatan sebesar 3 poin, dan cukup tinggi di atas standar KKM yakni > 7,6. Hampir seluruh siswa mampu menjawab soal dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: bahan ajar, kesulitan belajar

References

Ahnad. 2007. Mari Belajar Meneliti, Yogyakarta: Genta Press.
Anonim. 2009. Fungsi Bahan Ajar, http://pbsindonesia.fkip-uninus.org).
Arifin. Samsul. 2007. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Jakarta: PT Grasindo.
Ishack. S.W. (2012). Program Remedial dan Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.
Jasmadi. dkk. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Mariamah, M. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) Ditinjau pada Aspek Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima(Doctoral dissertation, UNY).
Mariamah. (2017). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Penguasaan Materi Siswa Di SMP Negeri 8 Kota Bima. Jurnal Pendidikan MIPA vol. 7 No. 1
Novianti, Puspita. 2016. (ADDIE, ASSURE, Hannafin dan Peck, Gagne and Briggs serta Dick Xand Carry), Model-model Pengembangan Bahan Ajar.Borg and Gall, http://puspita-.blogspot.com/p. Diakses pada tanggal 28 januari 2018.
Sapta. 2009. Pengembagan Bahan Ajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sukardi.2013. Teori Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Sunartana. 2016. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Yatim, Riyanto .2008. Penelitian Pendidikan, Surabaya: Unesa press.
Wahidin. 2008. Jenis-jenis Bahan Ajar dan Pengembangannya, Surabaya: Unesa Press
Published
2017-12-30
How to Cite
Fifi Faridah. (2017). Upaya Mengembangkan Bahan Ajar IPA dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 63 Kota Bima. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 131-137. Retrieved from https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/10
Abstract viewed = 547 times
PDF downloaded = 1464 times