Upaya Mengembangkan Bahan Ajar IPA dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 63 Kota Bima
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar IPA sebagai upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV SDN 63 Kota Bima. Jenis Penelitian ini adalah penelitian PTK yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan evaluasi, refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar obeservasi, tes evaluasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kesulitan belajar dan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 63 Kota Bima disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan kondisi mental psikologis siswa serta belum dilakukannya pengembangan bahan ajar, akibatnya banyak siswa yang mempelajari materi IPA dengan setengah hati atau minat yang terbatas. Upaya strategis untuk mengembangkan dan meningkatkan minat belajar siswa di SDN 63 Kota Bima dilakukan melalui inovasi pembelajaran IPA yang sistematis misalnya guru yang mengajar harus memiliki pengetahuan dan latar belakang 2011/2012. 2) Pendidikan IPA yang bagus, melalui aktifitas serta kreatifitas dalam mengembangkan Bahan ajar IPA sehingga dapat mempengaruhi minat dan aktifitas belajar siswanya. 3) hasil tes menunjukkan nilai rata-rata kelas meningkat signifikan menjadi 9,4 atau mengalami peningkatan sebesar 3 poin, dan cukup tinggi di atas standar KKM yakni > 7,6. Hampir seluruh siswa mampu menjawab soal dengan baik.
Downloads
References
Anonim. 2009. Fungsi Bahan Ajar, http://pbsindonesia.fkip-uninus.org).
Arifin. Samsul. 2007. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Jakarta: PT Grasindo.
Ishack. S.W. (2012). Program Remedial dan Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.
Jasmadi. dkk. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Mariamah, M. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) Ditinjau pada Aspek Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima(Doctoral dissertation, UNY).
Mariamah. (2017). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Penguasaan Materi Siswa Di SMP Negeri 8 Kota Bima. Jurnal Pendidikan MIPA vol. 7 No. 1
Novianti, Puspita. 2016. (ADDIE, ASSURE, Hannafin dan Peck, Gagne and Briggs serta Dick Xand Carry), Model-model Pengembangan Bahan Ajar.Borg and Gall, http://puspita-.blogspot.com/p. Diakses pada tanggal 28 januari 2018.
Sapta. 2009. Pengembagan Bahan Ajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sukardi.2013. Teori Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Sunartana. 2016. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Yatim, Riyanto .2008. Penelitian Pendidikan, Surabaya: Unesa press.
Wahidin. 2008. Jenis-jenis Bahan Ajar dan Pengembangannya, Surabaya: Unesa Press
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.