Penilaian dan Evaluasi Media Flipbook Digital Berbasis Pendekatan STEAM dengan Instruksional ADDIE pada Materi Keseimbangan Ekosistem

  • Ririn Novelina Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlinda Herlinda Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Aramudin Aramudin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mery Berlian Universitas Terbuka

Abstract

Era abad 21 seperti saat ini kian berkembang membuat media semakin berinovasi sesuai saat ini industri 4.0. perkembangan teknologi merupakan suatu hal yang wajib untuk diterapkan, agar siswa mampu berkembang sesuai dengan kompetensi abad 21. Maka penelitian ini menilai dan mengevaluasi media flipbook digital berbasis pendekatan STEAM dengan instruksional ADDIE pada materi keseimbangan Ekosistem. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RnD). Penelitian ini melibatkan 5 pakar memvalidasi media tersebut menggunakan instrumen validasi media. Menilai praktikalitas menggunakan instrumen praktikalitas media, untuk melihat keefektifan media tersebut dengan melibatkan 30 orang siswa dan 15 guru sesuai dengan keilmuan data. Pengumpulan data dengan pertemuan langsung. Data dianalisis menggunakan spss secara deskriptif untuk mengembarkan hasil dari penilaian media tersebut. Hasil dari penelitian validasi media diketahui 4,15 dengan kategori baik, sedangkan untuk isntrumen praktikalitas guru diketahui 4,23 dengan kategori sangat baik dan siswa 4,13 kategori baik. diharapkan media flipbook digital berbasis pendekatan STEAM dengan instruksional ADDIE media flipbook layak untuk dijadikan referensi oleh guru tingkat sekolah dasar dalam pembelajaran IPA terutama pada materi keseimbangan ekosistem, untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa dan keterampilan kreatifitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Media Flipbook Digital, IPA, STEAM, ADDIE

References

A, M. A., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Digital Flipbook Empowerment as A Development Means for History Learning Media. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 266. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24122

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). The Development of Digital Flipbook Media Based on the 5 Hours Battle of Kalianda upon High School History Materials. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1003–1012. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.930

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Kusumaningrum, D., & Masruro, A. (2022). Development of Learning Media Flipbook Digital Comic Based on Local Wisdom to Increase Learning Interest. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 117–122. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline814

Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388

Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice untuk Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2769–2775. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.970

Ristanto, R. H., Rusdi, Mahardika, R. D., Darmawan, E., & Ismirawati, N. (2020). Digital Flipbook Imunopedia (DFI) A Development in Immune System e-Learning Media. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(19), 140–162. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.16795

Roemintoyo, R., & Budiarto, M. K. (2021). Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. Journal of Education Technology, 5(1), 8. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32362

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sotiriou, S. A., & Bogner, F. X. (2020). education sciences How Creativity in STEAM Modules Intervenes with Self-E ffi cacy and Motivation. Education Sciences, 2(1), 2–15.

Suroiha, L., Dewi, G. K., & Wibowo, S. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 516–523. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1856

Published
2023-09-01
How to Cite
Ririn Novelina, Herlinda, H., Rian Vebrianto, Aramudin, A., & Mery Berlian. (2023). Penilaian dan Evaluasi Media Flipbook Digital Berbasis Pendekatan STEAM dengan Instruksional ADDIE pada Materi Keseimbangan Ekosistem. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 701-707. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1099
Abstract viewed = 283 times
PDF downloaded = 228 times