Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Penguasaan Materi Siswa SMP Negeri 8 Kota Bima

  • Mariamah Mariamah STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan materi bilangan pecahan yang berorentasi pada hasil belajar matematika melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas VIID SMP Negeri 8 Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 8 Kota Bima dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) Data tentang aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru dikumpulkan dengan lembar observasi dan dokumentasi. (2) Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan memberikan tes pada setiap akhir siklus. Ketuntasan belajar ≥ 85%, aktivitas siswa dan guru minimal berkategori aktif merupakan indicator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian didapat adalah sebagai berikut: Siklus I, persentase ketuntasan belajarnya sebesar 50%, meningkat menjadi 95,45% pada siklus II. Dan aktivitas siswa pada siklus I hanya memperoleh nilai rata-rata adalah 2,29 dengan kategori kurang aktif, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 4,43 dengan kategori aktif. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I hanya memperoleh nilai rata-rata adalah 2,5 dengan kategori cukup bagus, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3,6 dengan kategori bagus. Hasil tersebut menunjukkan sudah tercapainya indikator penelitian yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan penguasaan materi bilangan pecahan yang berorentasi pada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 8 Kota Bima.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: matematika realistik, penguasaan materi bilangan pecahan

References

Ariyanti. (2008). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika, http://ariyanti.freehostia.com.
Mariamah, M. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) Ditinjau pada Aspek Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima(Doctoral dissertation, UNY).
Muliyardi. (2008). Penggunaan Komik dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, Tahun VIII, Edisi Khusus, Juli 2002
Sadiman, dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Zainurie. (2008). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), http://zainurie.wordpress.com
Published
2017-12-30
How to Cite
Mariamah, M. (2017). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Penguasaan Materi Siswa SMP Negeri 8 Kota Bima. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 138-145. Retrieved from https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/11
Abstract viewed = 285 times
PDF downloaded = 307 times