Analisis Argumentasi Ilmiah Toulmin dalam Media Animasi Audio Visual Anime Moyashimon pada Materi Bioteknologi
Abstract
Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan keterampilan yang perlu dibekalkan kepada peserta didik. Melatihkan keterampilan argumentasi ilmiah dapat dibantu dengan memanfaatkan media animasi berbasis audio visual. Namun demikan analisis media penting dilakukan sebelum media animasi digunakan untuk mengetahui apakah media yang tayangkan mengandung kompone-komponen argumentasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemunculan komponen argumentasi ilmiah dalam media audio visual anime Moyashimon sesi 1 episode 2, 3, dan 5 pada materi bioteknologi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar analisis dokumen yang memuat informasi seperti cuplikan cuplikan, deskripsi, analisis kurikulum, analisis konsep, analisis model Toulmin dalam bentuk persentase. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakkan data primer berupa anime Moyashimon sesi 1 dan data sekunder yaitu literatur yang mendukung data primer tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam anime Moyashimon sesi 1 episode 2, 3, dan 5 terdapat cuplikan yang menunjukkan kesesuaian dengan kurikulum berdasarkan Permendikbud No. 37 Tahun 2018. Analisis konsep bersumber pada studi literatur yang mendukung. Kemudian pada analisis komponen argumentasi ilmiah dalam media audio visual anime Moyashimon sesi 1 pada materi bioteknologi menunjukkan persentase frekuensi kemunculan cuplikan komponen Claim sejumlah 25%, Warrant sebesar 30%, Data 25% dan Backing 20%.
Downloads
References
Aisyah, S. (2018). Laporan Individu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) SMA Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Arista, P. C. (2023). Peranan Mikroorganisme Pendegradasi Plastik: Tinjauan Biodegradasi Plastik, Mekanismenya, serta Mikroorganisme yang Berperan. In Maret 2023 Jurnal Pro-Life (Vol. 10, Issue 1). https://ejournal.uki.ac.id/index.php/prolife
Baker, L., & Lundquist, L. (2019). Developing scientific argumentation through inquiry-based learning. Journal of Chemical Education.
Dwiretno, G., & Setyarsiih, W. (2018). Pembelajaran fisika menggunakan model argument driven inquiry (adi) untuk melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Inovasi Pendidikan Fisika (IPF), 7, 337–340.
Fibonacci, A. (2019). Sintesis Alkohol Dari Limbah Nangka (Artocarpus heterophyllus) sebagai Campuran Bahan Bakar Minyak (biofuel). Walisongo Journal of Chemistry, 2(1), 2549–385. https://doi.org/10.21580/wjc.v2i2.4043
Firdha, N., Alicia Farma, S., Atifah, Y., Batungale, S., Biologi, J., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., Negeri Padang, U., Gorontalo Jl Hamka Air Tawar Barat, U., Padang Utara Kota Padang, K., & Barat, S. (2021). Integrasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menghasilkan Produk Sains berbasis Kearifan Lokal Activity Of The Amylase Enzyme In Saliva And The Protease Enzyme In The Rana esculenta Pancreatic Secretions Aktivitas Enzim Amilase pada Saliva dan Enzim Protease pada Sekret Pankreas Rana esculenta. Universitas Negeri Padang, 01(2021). https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/19
Haruna, A., & Nahadi, D. (2021). Menjelajahi hubungan level argumentasi dengan kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal ikatan kimia. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 15, Issue 1).
Jeong, H., & Kim, H. (2020). The effectiveness of educational animation in supporting learning of abstract and complex science concepts: A meta-analysis. Computers & Education.
Juhanda, A., Rustaman, N. Y., Hidayat, T., & Wulan, A. R. (2022). Using Integrated Assessment Level of Inquiry (LoI) in Developing Formal-Post Formal Operating Reasoning Prospective Teachers. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 11, 228–235. http://www.european-science.com
Kadafi, M., & Utami, S. M. B. (2021). Locality in Makoto Shinkai’s Kimi no Na wa: Negotiating Japanese Youth Identity. IZUMI, 10(1), 21–31. https://doi.org/10.14710/izumi.10.1.21-31
Kartika, S. W., & Izzatin, N. E. (2021). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Pembelajaran Daring [NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science]. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/index
Kemdikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar Dari hasil Pisa 2018.
Miaturrohmah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Pada Prinsip Argumen Drive Inquiry (ADI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Tema Pencemaran Lingkungan Kelas VII Mtsn 6 Ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9085
Muliasari, H., & Permatasari, L. (2022). Studi awal uji aktivitas enzim amilase dari tumbuhan secara kualitatif berdasarkan perbedaan suhu dan konsentrasi substrat Initial study of activity test of amylase enzyme from plants qualitatively based on differences in temperature and substrate concentration. Journal of Agritechnology and Food Processing, 2(1).
Pratiwi, N. L., & Kurniawan, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Argumentasi Ilmiah melalui Pembelajaran Berbasis Video. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 7(2), 195–202.
Rahman, M. (2020). The Importance of Teaching Argumentation in Science Education. Journal of Education and Practice, 11(11), 22–29.
Salamoon, D. K. (2021). Anime Sebagai Media Edukasi Digital Mengenai Fungsi Sel Darah Merah (Analisis Visualisasi Karakter AE 3803 Pada Anime Hataraku Saibou) Anime as a Digital Educational Media Regarding the Function of Red Blood Cells (AE 3803 Character Visualization Analysis in Anime Hataraku Saibou). Jurnal Seni Budaya, 36(2), 197–203.
Sari, I. P. (2018). Analisis keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas XI IPA menggunakan model toullmin’s argument pattern (TAP) dengan penerapan metode problem solving.
Setiono, O. :, Nuranti, G., & Mariana, M. (2020). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui aktivitas saintifik dan visualisasi. In Jurnal Pendidikan Sains (JPS) (Vol. 8). http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA
Sudjatha, W., & Wisaniyasa, N. W. (2017). TEKNOLOGI FERMENTASI HASIL-HASIL PERTANIAN ( WINE, SAKE, BREM BALI DAN VINEGAR).
Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di kota sungai penuh. 1(12), 2683.
Suzuki, K., Asano, S., Iijima, K., & Kitamoto, K. (2008). Sake and beer spoilage lactic acid bacteria - A review. In Journal of the Institute of Brewing (Vol. 114, Issue 3, pp. 209–223). John Wiley and Sons Inc. https://doi.org/10.1002/j.2050-0416.2008.tb00331.x
Widhi, M. T. W., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91
Zhao, W., & Gu, C. T. (2019). Lactobacillus homohiochii is a later heterotypic synonym of lactobacillus fructivorans. International Journal of Systematic and Evolutionary Microbiology, 69(6), 1720–1723. https://doi.org/10.1099/ijsem.0.003380
Zulnazri, Rahmadani, S., & Dewi, R. (2019). Pemanfaatan pati batang ubi kayu dan pati ubi kayu untuk bahan baku alternatif pembuatan plastik biodegradable. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 8, 26–35. http://ojs.unimal.ac.id/index.php/jtk
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.