Hubungan Hasil Belajar Kognitif Dengan Kreativitas Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Assemblr Edu Berdasarkan Gender

  • Siti Patmawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sistiana Windyariani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aa Juhanda Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif dan kreativitas, berdasarkan observasi dan wawancara rendahnya hasil belajar kognitif dilihat pada nilai peserta didik kurang dari KKM 70. Sedangkan kreativitas dilihat ketika proses praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar kognitif dengan kreativitas peserta didik di SMP IT Al-Madani Cilaku dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan media Assemblr Edu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain tipe one group pre-test post-test design Subjek penelitian diambil peserta didik kelas VIII SMP IT Al-Madani Cilaku. Instrumen hasil belajar kognitif mengacu pada sistem Taksonomi Bloom Revisi berupa soal pilihan ganda dengan taraf kognitif C1-C6. Selanjutnya, tes kreativitas dilakukan dengan angket pernyataan dan skala pengukuran likert pada empat dimensi, yaitu fluency, flexibility, elaboration dan originality. Hasil menunjukkan adanya hubungan antara hasil belajar kognitif dan kreativitas menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Assemblr Edu berbasis gender, dengan nilai korelasi pearson 0.878 untuk laki-laki dan 0.808 untuk perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara hasil belajar kognitif dan kreativitas dengan kategori korelasi kuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Assemblr Edu, Gender, Hasil Belajar Kognitif, Kreativitas, Model Project Based Learning (PjBL)

References

Abraham, A. (2014). Creative thinking as orchestrated by semantic processing vs. cognitive control brain networks. Frontiers in Human Neuroscience, . https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fnhum.2014.00095 Afi

Anderson, L. W., & Krathowl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Bloom. Terjemahan. Pustaka Belajar.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang.

Fitriyah, P. N. (2020). Korelasi Antara Kreativitas Dan Hasil Belajar Dengan Modul Pembelajaran Berbasis Aplikasi Interaktif Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Tkj.

Gregory, B. W. (2007). Introduction : Why new pedagogies ? Strands of relevance. ACEL 2007 International Conference Sydney, Australia, 1–11. https://robertsonss.eq.edu.au/Supportandresources/Formsanddocuments/Documents/pedagogy-for-the-21st-century.pdf

Hardianti, T. (2018). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif dalam pembelajaran Fisika SMA. In Seminar Nasional Quantum (Vol. 25).

Küçük, S. K. (2016). Learning Anatomy Via Mobile Augmented Reality: Effects On Achievement And Cognitive Oad. Anatomical Science Education. 9(5), 411–421.

Lino Padang, F. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Munandar, U. (2009). Berbakat, Pengembangan Kreativitass Anak. Rineka Cipta.

Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran . Aswaja Pressindo .

Nuraini, T. J. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Hots (High Order Thinking Skills) Pada Mata Pelajaran Ipa. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/44430

Nurfaizi, M., Ramdhan, B., Juhanda, A., & Artikel, I. (2022). Efektivitas Media Augmented Reality Berbasis Smartphone Terhadap Kemampuan Komunikasi Visual dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Biologi (The Effectiveness of Smartphone Based Augmented Reality Media on Visual Communication Ability and Student Motivation in Biology Learning). BIODIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi), 08(Vol. 8 No. 3 (2022): September 2022), 99–109. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18857

Pratiwi, Alfiani Indah, Sunarno, Widha, S. (2019). Analisis Kemampuan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Ditinjau Dari Segi Gender. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12823

Ramadhan, F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi Remap STAD. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9043

Riyanto, R., Astra, S., Vilela, A., Pereira, J., & Zou, S. (2022). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Yang Telah Memperoleh Pendekatan Rme. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.307-316

Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 78–88. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.268

Samudera, W. (2020). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA di Kota Mataram. In Indonesian Journal of Teacher Education (Vol. 1, Nomor 2).

Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. In Journal of Mathematics Education and Science (Vol. 5, Nomor 1).

Sari, D. P. N. I. M. S. (2020). Pengaruh Gender terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V MI Al-Huda Ploso. http://repository.stkippacitan.ac.id

Solehah, K. M., Septina, H., Tadris Biologi, C., Metro, I., & Hajar, J. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 2 Sekampung The Effect Of Project Based Learning (Pjbl) On Student Creativity And Learning Outcomes Sma Negeri 2 Sekampung. In Journal of Biology Education Research (Vol. 3, Nomor 2). http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz

Subarinah, S. (2013). Profil Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. 1(1), 541–548.

Sukarni, W., & Monalisa, P. (2019). Uji Korelasi Karakter Kreativitas terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 08 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(2), 124–129. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25213

Sukmawijaya, Yasir, Suhendar, Juhanda, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi (Agustus), (9), 28–43.

Suprapto, Z. S. C. D. C. (2018). Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10642

Susilo, Adi, D., Dwi Ferdiani, R., & Retno Murniasih Abstrak, T. (2018). Peningkatan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Manipulatif (Vol. 05, Nomor 2). https://doi.org/10.18592/jpm.v5i2.1550

Published
2023-12-01
How to Cite
Siti Patmawati, Sistiana Windyariani, & Aa Juhanda. (2023). Hubungan Hasil Belajar Kognitif Dengan Kreativitas Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Assemblr Edu Berdasarkan Gender. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 903-910. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1119
Abstract viewed = 202 times
PDF downloaded = 163 times