Implementasi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII

  • Ro’fatul Izzah Universitas Negeri Surabaya
  • Dhita Ayu Permata Sari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Hasil riset PISA tahun 2018 menujukkan kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Padahal kemampuan ini penting di abad ke-21. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model discovery learning. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-expermental design dengan rancangan penelitian yaitu one group pretest postttest design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-H SMPN 1 Mojowarno yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir kritis meningkat dengan hasil uji t-berpasangan diperoleh sig. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan mengindikasikan terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah pembelajaran discovery learning, Perhitungan Effect Size sebesar 0,98 dengan kategori ukuran signifikansi perbedaan yang sangat besar. Kesimpulannya yaitu penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Mojowarno pada materi sifat-sifat cahaya. Siswa memberikan respon positif yang baik terhadap pembelajaran dan keterlaksanaan pembelajaran berjalan efektif. Karena penelitian hanya berfokus pada materi sifat-sifat cahaya, disarankan penelitian selanjutnya menggunakan materi lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Student Center Activity

References

A’yun, Q., Hasasiyah, S. H., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Tekanan Zat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 09(02), 2549–1597.

Afriana, N., Halim, A., & Syukri, M. (2021). Analysis of the Characteristics of Students’ Critical Thinking Skills in Completing National Exam Questions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 196–201. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.627

Ambarwati, M. R. (2019). Penerapan Model pembelajaran Discovery Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Universitas Negeri Surabaya.

Ambarwati, M. R., & Sudibyo, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. E-Journal Pensa, 7(2).

Arends, R. I. (2014). Learning to Teach. McGlraw-Hill Education.

Baharizki, S., Sabtiawan, W. B., & Widodo, W. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Zat aditif dan zat Adiktif. Jurnal Pendidikan Sains, 9(3), 304–308.

Boi, O. M., Ain, N., & Jufriadi, A. (2022). Application of the Discovery Learning Model To Improve Critical Thinking Ability in Vibration and Wave Materials. Journal of Teaching and Learning Physics, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.15575/jotalp.v7i1.16384

Cohen. (2007). Metode Penelitian dalam Pendidikan. Routledge.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2014), 1469–1479.

Ennis, R. H. (2015). The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Critical Thinking Disposition and Abilities. Sixth International Conference on Thinking at MIT, 2013, 1–8.

Erman, Wasis, W., Susantini, E., & Azizah, U. (2018). Scientific Thinking Skills : Why Junior High School Science Teachers Cannot Use Discovery and Inquiry Models In Classroom. Atlantis Press, 1(Icst), 201–204.

Fahmi, Setiadi, I., Elmawati, D., & Sunardi. (2019). Discovery Learning Method for Training Critical Thinking Skills of Students. European Journal of Education Studies, 6(3), 342–351. https://doi.org/10.5281/zenodo.3345924

Hasnunidah, N., Susilo, H., Irawati, M., & Suwono, H. (2020). The Contribution of Argumentation and Critical Thinking Skills on Students’ Concept Understanding in Different Learning Models. Journal of University Teaching and Learning Practice, 17(1). https://doi.org/10.53761/1.17.1.6

Indarsah, S. I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, April, 973–978.

Juniardi, A. C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Leraning pada Sub Materi Sifat-Sifat Cahaya untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Universitas Negeri Surabaya.

Lethe, M. O., Herawati, N., & Anwar, M. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIA 5 MAN 1 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 2(3).

Ma, X., Zhang, Y., & Luo, X. (2021). Students’ and teachers’ critical thinking in science education: are they related to each other and with physics achievement? Research in Science & Technological Education ISSN: https://doi.org/10.1080 /02635143.2021.1944078

Ningsih, Z. T. W. (2019). Pengembangan LKPD pada Materi Lapisan Bumi dan Dinamikanya untuk melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Universitas Negeri Surabaya.

Nursalim, M., Laksmiwati, H., Syafiq, M., Budiani, M. S., Savira, S. I., Khairunisa, R. N., & Satwika, Y. W. (2017). Psikologi Pendidikan. Unesa University Press.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA. OECD Publishing.

Retnosari, D. (2018). Pengembangan LKS PODE (Predict, Observe, Discuss, Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Cahaya. Universitas Negeri Surabaya.

Ristanti, E. W., & Budiyanto, M. (2021). Uji Coba E-book Berorientasi Problem Based Learning dalam Materi Cahaya dan Alat Optik untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. Pensa E -Jurnal : Pendidikan Sains-Jurnal, 9(3), 394–398.

Rudibyani, R. B. (2018). The Effectiveness of Discovery Learning to Improve Critical Thinking Skills College Student on Mastery of Arrhenius Acid Base. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.20961/seeds.v2i1.24310

Sundari, Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis berpikir kritis siswa pada materi gerak benda dan makhluk hidup. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 09(02), 1819–1824.

Sutoyo, S., & Priantari, I. (2019). Discovery Learning Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 31–44.

Warda, A., & Sudibyo, E. (2018). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Implementasi Model Discovery Learning pada Sub Materi Pemanasan Global. E-Journal Pensa, 6(2), 238–242.

Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Ar-Ruzz Media.

Wulandari, D. A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi di MAN 13 Jakarta. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Published
2023-09-01
How to Cite
Ro’fatul Izzah, & Dhita Ayu Permata Sari. (2023). Implementasi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 587-595. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1123
Abstract viewed = 316 times
PDF downloaded = 203 times