Pengembangan e-LKM Berbasis Case Method untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Menyusun Instrumen Evaluasi Pembelajaran
Abstract
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar merupakan salah satu tugas wajib guru dalam setiap pembelajaran agar kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan. Namun banyak calon guru yang kurang mampu untuk merancang instrument evaluasi proses dan hasil belajar yang baik dan benar. Untuk itu penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas media pembelajaran e-LKM berbasis case method guna meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun instrument evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Model penelitian pengembangan yang dipilih adalah model ADDIE. Tahapan model ADDIE ini terdiri dari Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi yang mengambil matakuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Data yang diambil berupa data kualitatif. Instrument yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, dan lembar validasi. Hasil penelitian terutama pada analisis angket validasi ahli materi didapatkan skor presentase yaitu 88% kategori “sangat layak” dan hasil validasi ahli media didapatkan skor presentase sebesar 80% kategori “sangat layak”. Jadi dapat disimpulkan media e-LKM berbasis case method yang dikembangkan layak dan menarik untuk dijadikan sebagai bahan ajar pada matakuliah evaluasi proses dan hasil belajar.
Downloads
References
Alderesti. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Elektronik ( e-LKM ) berbasis Collaborative Learning. 5(3), 292–299.
Arum, D. R., & Minangwati, S. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Studi Kasus Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Chemistry in Education, 3(2), 174–184.
Budiono, D. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan e-lkm interaktif berorientasi profetik pada mata kuliah matematika ekonomi. 4, 52–57.
Febriani. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa : Studi Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah. 203–212.
Hidayat, F., Rahayu, C., Barat, K. B., Nizar, M., Coblong, K., & Bandung, K. (2021). Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (Jipai), 1(1), 28–37.
Handika, M. (2019). Pengembangan E-LKM Matematika Ekonomi Berbasis Moodle pada Materi Hitung Keuangan [Raden Intan]. In repository.radenintan.ac.id. Retrieved from. repository.radenintan.ac.id. Retrieved from
Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT. Remaja.
Natalia, D., & 2021. (2021). Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research. 2(1), 52–60.
Oktaviana, D., Susiaty, U. D., Matematika, P., & Matematis, K. R. (2022). Pengembangan E-LKM Berbasis Konstruktivisme Berbantuan Quizizz dalam Menigkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. 6(3), 340–349.
Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing Biology Student Worksheets based on STEAM to Empower Science Process Skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147–156. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10225
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Sarnu Untung.
Prastowo, A. A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. 6(1), 35–43.
Sudjana, N. dan Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sumargiyani. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKM Berbasis Pembelajaran Problem Based Learning Materi Persaman Diferensial Eksak. 30–36.
Switri, E. (2019). Teknologi dan Media Pembelajaran. Pasuruan. Qiara Media.
Werdiningsih, D. (2022). Pembelajaran Aktif dengan Case Method. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.