Implementasi Cybergogy Berbantuan Live Worksheets untuk Membelajarkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa SMP

  • Puji Ayu Dewi Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Cybergogy merupakan pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas pemberdayaan teknologi. saat ini Indonesia berada di era revolusi industri 4.0. Dalam konteks revolusi industri 4.0 implementasi cybergogy dalam pembelajaran IPA diharapkan dapat mengingkatkan kolaborasi, keterampilan proses sains, dan komunikasi, melalui fasilitas teknologi seperti E-LKPD interaktif, dan laboratorium online. Namun kenyataannya berdasarkan hasil studi yang dilakukan di lapangan diperoleh bahwasannya peserta didik masih kurang dalam hal menumbuhkan KPS, strategi pembelajaran terkadang masih terpusat pada guru dan kurang melibatkan teknologi, hal ini membuat peserta didik bosan, kurang aktif, karena pembelajarannya monoton sehingga KPS di sekolah tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains setelah diimplementasikan cybergogy berbantuan live worksheets. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP menggunakan satu kelas yang diberikan perlakuan. Data KPS peserta didik diperoleh dari tes sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikan perlakuan dengan mengimplementasikan cybergogy berbantuan live worksheets. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan di setiap indikator KPS. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi cybergogy berbantuan live worksheets efektif untuk membelajarkan keterampilan proses sains pada peserta didik. Implikasi dari penelitian yang dilakukan adalah Penelitian ini berkontribusi pada pembelajaran yang inovatif dan relevan dalam pembelajaran IPA di tingkat SMP.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Cybergogy, Live Worksheets, Keterampilan Proses Sains

References

Azizah, A. Al, & Fauziah, A. N. M. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 525–529. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1090

Darmaji, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Indrianti. (2018). Description of Science Process Skills’ Physics Education Students at Jambi University in Temperature and Heat Materials. The Educational Review, USA, 2(9), 485–498. https://doi.org/10.26855/er.2018.09.004

Daud, W. A. A. W., Teck, W. K., Ghani, M. T. A., & Ramli, S. (2019). The Needs Analysis of Developing Mobile Learning Application for Cybergogical Teaching and Learning of Arabic Language Proficiency. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(8), 33–46. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v9-i8/6206

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1). https://doi.org/10.1119/1.18809

Hidayat, M. I. M., & Subekti, H. (2022). Promoting science process skills and learning outcomes through cybergogy approaches with PhET media for Junior High School Students. Jurnal Pijar Mipa, 17(4), 499–506. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i4.3623

Humayra, F., Sulastri, S., & Gani, A. (2022). Persepsi Pendidik terhadap Pembelajaran IPA secara Terpadu di SMP/MTs Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 717–739. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26013

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Masruhah, G. D., Rusdianto, & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 169–177. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.83

Murtalib, Gunawan, & Syarifuddin. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (E-LKM) Interaktif Berbantuan Live Worksheet pada Perkuliahan Daring. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 130–145. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.918

Nurjumiati, N., Yulianci, S., & Asriyadin, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika Melalui Pembelajaran Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 945–948.

Paivio, A. (2014). Intelligence, dual coding theory, and the brain. Intelligence, 47(1), 141–158. https://doi.org/10.1016/j.intell.2014.09.002

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2018). SETS-based guided experiment book: Empowering science process skills of elementary school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(3), 257–262. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6684

Prathamie, R. R., Lustyantie, N., & Setiadi, S. (2022). Media Pembelajaran sebagai Sarana Self Determination Learning pada Konteks Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495–2504. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2755

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407

Rachmawati, G. A., & Subekti, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pengembangan Sikap Toleransi Dengan Menggunakan Strategi Cybergogy. 10(3), 409–417.

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151

Septianisha, N. I., Anggraeni, K. D., Hilda, N. R., Azhar, M. S., & H, U. V. (2021). Cybergogy: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran Matematika. ProSANDIKA UNIKAL, 2(1), 153–164.

Sunbanu, H. F., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Twostray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260

Tri, R., Putra, A., Yani, A. R., & Romadhona, M. (2023). Buku Visual Mengenai Adab Terhadap Guru. Jurnal Desain, 10(3), 563–576. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.14833

Utami, A. D., & Yuliyanto, E. (2020). Concept Map: Does It Increase Learning Motivation of Student? Journal of Science Education Research, 4(2), 49–54. https://doi.org/10.21831/jser.v4i2.35714

Published
2023-09-01
How to Cite
Puji Ayu Dewi Lestari, & Hasan Subekti. (2023). Implementasi Cybergogy Berbantuan Live Worksheets untuk Membelajarkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 622-627. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1130
Abstract viewed = 155 times
PDF downloaded = 86 times