Inovasi Modul Digital Berbasis POE untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Kinematika Siswa
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berdampak pada segala sektor salah satunya pendidikan. Misalnya dengan menggunakan modul digital yang memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep fisika siswa. Siswa menganggap fisika sulit dipahami sehingga banyak yang tidak tertarik belajar fisika. Hal ini berdampak pada pemahaman konsep siswa. Penting pemahaman konsep dalam fisika terutama pada materi kinematika. Untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yang dapat dilakukan dengan penggunaan model POE yang diintegrasikan ke dalam modul digital. Selain penggunaan bahan ajar misalnya penggunaan modul digital, modul digital menyajikan audio,visual, dan audio visual sehingga dapat membuat siswa tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi dalam pembuatan modul digital. Metode penelitian ini adalah design research dengan model Plomp yang terdiri dari preliminary research, development or prototyping phase dan assessment phase. Penelitian ini yaitu pada tahapan development or prototyping phase yaitu tahapan awal design prototype. Hasil penelitian ini adalah ada beberapa inovasi yang dilakukan dalam pembuatan modul digital yaitu mengintegrasikan modul digital yang dibuat dengan model POE (Predict Observe Explain). Kemudian membuat modul digital untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan cara memberikan umpan balik/feedback dalam soal evaluasi yang diberikan. Sehingga diharapkan dengan adanya modul digital ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan menjadi referensi guru dalam pembuatan modul digital.
Downloads
References
Elisa, E., Prabandari, A. M., Istighfarini, E. T., Alivia, H., Widi, L., & Hamidah, I. (2022). Digital Module Innovation Based on Exploration of Physics Concepts Containing Local Wisdom " Making Traditional Snacks " to Support the Formation of Pancasila Students. 8(6), 2923–2932. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2171
Haryadi, R., & Riza, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Fisika. 14(1), 133–141. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i1.1371
Ifani, R. N., & Mufit, F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika Pada Materi ( Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika … ). 6(November). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/599
Irwandani, Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862
Mahardika, I. K., Muzammil, M. H., Saragih, D. F., Putri, F. H., & Putri, N. E. (2023). Peranan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Fisika SMA. 9(2), 245–252. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7571400
Nikat, R. F., Algiranto, Loupatty, M., & Henukh, A. (2022). Pemahaman Konsep Dinamika dan Kinematika Berdasarkan Conceptual Knowledge Melalui Aplikasi Game Quizizz Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218–230. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23418
Nurhamidah, & Andromeda. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Ajar Berbasis Project Based Learning pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13, 398–403. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.965
Nurnaifah, I. I., Sakti, I., & Megawati. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Lurus di Kelas X SMAN 2 Pinrang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 5(1), 39–46. http://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/1318
Purdhiyah, P., Wulandari, S., & Annovasho, J. (2022). Studi Literatur : Penerapan Model Pembelajaran Prediction , Observation , and Explanation ( POE ) pada Pembelajaran Fisika. Charm Sains Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.190
Purwanti, A., Sutopo, & Wisodo, H. (2017). Penguasaan Konsep Materi Kinematika pada Siswa SMA Kelas X dengan menggunakan Pembelajaran Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 575–578. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8980
Rahdiyanta, D. (2016). TEKNIK PENYUSUNAN MODUL. Artikel.(Online) Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dr-Dwi-Rahdiyanta-Mpd/20-Teknik-Penyusunan-Modul. Pdf. Diakses, 10, 1–14.
Rahmawati, A., Anggraini, D., & Masykur, R. (2019). Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict Observe Explain) Pada Materi Trigonometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 193–201. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.20337
Safitri, E., Kosim, & Ahmad, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Exlain Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825
Sukadi, E., & Khaerul, M. (2020). Pengembangan LKS berbasis POE terhadap pemahaman konsep siswa SMA kelas X pokok bahasan gerak lurus. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 90–102. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2377
Sundari, P. D., & Dewi, W. S. (2021). Interactive recitation methods as a solution to the students’ deepening physics material during the Covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012071
Tjeerd, P., Jan van den akker, Brenda Banna, A., & E. Kelly, N. N. (2013). Educational Design Research. Netherlands institute for curriculum development.
Yulkifli, Yohandri, & Azis, H. (2022). Development of physics e-module based on integrated project- based learning model with Ethno-STEM approach on smartphones for senior high school students. Momentum: Physics Education Journal, 6(1), 93–103. https://doi.org/10.21067/mpej.v6i1.6316
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.