Inovasi Modul Digital Berbasis POE untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Kinematika Siswa

  • Elarismoy Beporta Anusba Universitas Negeri Padang
  • Putri Dwi Sundari Universitas Negeri Padang
  • Hidayati Hidayati Universitas Negeri Padang
  • Silvi Yulia Sari Universitas Negeri Padang

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berdampak pada segala sektor salah satunya pendidikan. Misalnya dengan menggunakan modul digital yang memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep fisika siswa. Siswa menganggap fisika sulit dipahami sehingga banyak yang tidak tertarik belajar fisika. Hal ini berdampak pada pemahaman konsep siswa. Penting pemahaman konsep dalam fisika terutama pada materi kinematika. Untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yang dapat dilakukan dengan penggunaan model POE yang diintegrasikan ke dalam modul digital. Selain penggunaan bahan ajar misalnya penggunaan modul digital, modul digital menyajikan audio,visual, dan audio visual sehingga dapat membuat siswa tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi dalam pembuatan modul digital. Metode penelitian ini adalah design research dengan model Plomp yang terdiri dari preliminary research, development or prototyping phase dan assessment phase. Penelitian ini yaitu pada tahapan development or prototyping phase yaitu tahapan awal design prototype. Hasil penelitian ini adalah ada beberapa inovasi yang dilakukan dalam pembuatan modul digital yaitu mengintegrasikan modul digital yang dibuat dengan model POE (Predict Observe Explain). Kemudian membuat modul digital untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan cara memberikan umpan balik/feedback dalam soal evaluasi yang diberikan. Sehingga diharapkan dengan adanya modul digital ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan menjadi referensi guru dalam pembuatan modul digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Modul Digital, Model POE, Kinematika

References

Elisa, E., Prabandari, A. M., Istighfarini, E. T., Alivia, H., Widi, L., & Hamidah, I. (2022). Digital Module Innovation Based on Exploration of Physics Concepts Containing Local Wisdom " Making Traditional Snacks " to Support the Formation of Pancasila Students. 8(6), 2923–2932. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2171

Haryadi, R., & Riza, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Fisika. 14(1), 133–141. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i1.1371

Ifani, R. N., & Mufit, F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika Pada Materi ( Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika … ). 6(November). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/599

Irwandani, Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Mahardika, I. K., Muzammil, M. H., Saragih, D. F., Putri, F. H., & Putri, N. E. (2023). Peranan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Fisika SMA. 9(2), 245–252. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7571400

Nikat, R. F., Algiranto, Loupatty, M., & Henukh, A. (2022). Pemahaman Konsep Dinamika dan Kinematika Berdasarkan Conceptual Knowledge Melalui Aplikasi Game Quizizz Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218–230. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23418

Nurhamidah, & Andromeda. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Ajar Berbasis Project Based Learning pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13, 398–403. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.965

Nurnaifah, I. I., Sakti, I., & Megawati. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Lurus di Kelas X SMAN 2 Pinrang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 5(1), 39–46. http://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/1318

Purdhiyah, P., Wulandari, S., & Annovasho, J. (2022). Studi Literatur : Penerapan Model Pembelajaran Prediction , Observation , and Explanation ( POE ) pada Pembelajaran Fisika. Charm Sains Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.190

Purwanti, A., Sutopo, & Wisodo, H. (2017). Penguasaan Konsep Materi Kinematika pada Siswa SMA Kelas X dengan menggunakan Pembelajaran Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 575–578. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8980

Rahdiyanta, D. (2016). TEKNIK PENYUSUNAN MODUL. Artikel.(Online) Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dr-Dwi-Rahdiyanta-Mpd/20-Teknik-Penyusunan-Modul. Pdf. Diakses, 10, 1–14.

Rahmawati, A., Anggraini, D., & Masykur, R. (2019). Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict Observe Explain) Pada Materi Trigonometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 193–201. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.20337

Safitri, E., Kosim, & Ahmad, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Exlain Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825

Sukadi, E., & Khaerul, M. (2020). Pengembangan LKS berbasis POE terhadap pemahaman konsep siswa SMA kelas X pokok bahasan gerak lurus. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 90–102. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2377

Sundari, P. D., & Dewi, W. S. (2021). Interactive recitation methods as a solution to the students’ deepening physics material during the Covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012071

Tjeerd, P., Jan van den akker, Brenda Banna, A., & E. Kelly, N. N. (2013). Educational Design Research. Netherlands institute for curriculum development.

Yulkifli, Yohandri, & Azis, H. (2022). Development of physics e-module based on integrated project- based learning model with Ethno-STEM approach on smartphones for senior high school students. Momentum: Physics Education Journal, 6(1), 93–103. https://doi.org/10.21067/mpej.v6i1.6316

Published
2023-09-01
How to Cite
Elarismoy Beporta Anusba, Putri Dwi Sundari, Hidayati, H., & Silvi Yulia Sari. (2023). Inovasi Modul Digital Berbasis POE untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Kinematika Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 663-669. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1145
Abstract viewed = 166 times
PDF downloaded = 127 times