Pengaruh Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Habits of Minds Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kendari

  • Andi Nurannisa Syam IAIN Kendari

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan skill yang dibutuhkan oleh setiap individu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama pada era digital ketika informasi tak terbatas dan nyaris tak terbendung. Kemampuan berpikir kritis dapat dilatih dengan menerapkan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk berpikir dan bertindak sistematis, logis dan ilmiah. Model SSCS merupakan model yang dapat mengakomodir hal tersebut melalui sintaks pembelajaran yang meliputi kegiatan investigasi, perencanaan penyelesaian masalah, pelaksanaan dan komunikasi (sharing). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan habits of mind mahasiswa pendidikan biologi semester IV, (2) mengetahui pengaruh model SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi semester IV (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi semester IV jika ditinjau dari habits of mind. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen dengan desain factorial 1 x 3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket habits of mind dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat tiga kategori kemampuan habits of mind yang dimiliki oleh mahasiswa yang terdiri dari 32.14% mahasiswa berada pada kategori tinggi, 42.86% mahasiswa berada pada kategori sedang, dan 25% mahasiswa berada pada kategori rendah, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa (3) Terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS pada tiga kategori kemampuan habits of mind mahasiswa, model pembelajaran SSCS memberikan pengaruh yang lebih positif dan signifikan pada kategori tinggi dan sedang dibandingkan pada ketegori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Model Pembelajaran SSCS, Kemempuan Berpikir Kritis, Habits of Mind

References

Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (Sscs) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 42–53.

Al-Assaf, J. A. A.-F. (2017). The Teaching Habits of Mind, Their Relationship To Positive Behavior of Social Studies Teachers in Lower Basic Stage In University District - The Capital (Amman). Journal of Curriculum and Teaching, 6(2), 30. https://doi.org/10.5430/jct.v6n2p30

Alhamlan, S., Aljasser, H., Almajed, A., Almansour, H., & Alahmad, N. (2017). A Systematic Review: Using Habits of Mind to Improve Student’s thinking in Class. Higher Education Studies, 8(1), 25. https://doi.org/10.5539/hes.v8n1p25

Arisa, S. N., Khaldun, I., & Safrida, S. (2021). The Effect of Search, Solve, Create and Share Learning Models to Improve Students ’Critical Thinking Skills on Acid and Basic Titration Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 191. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.625

Costa, A. L., & Kellick, B. (2000). Describing the 10 habits of mind. Association for Supervision and Curriculum Development.

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757

Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.161-168

Falah, C. M. N., Windyariani, S., & Suhendar. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) berbasis etnosains. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 25–32. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Hestiningsih, N., & Sugiharsono, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pembelajaran Ips Melalui Metode Problem Solving Berbantuan Media Informasi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 71–86. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4619

Jacobson, L. (2014). From habits of mind to critical thinking: A study of student learning behaviors in a university great books general education course. ProQuest Dissertations and Theses, 265. https://www.proquest.com/dissertations-theses/habits-mind-critical-thinking-study-student/docview/1548716548/se-2?accountid=14695%0Ahttps://eureka.upo.es/discovery/search?vid=34CBUA_UPO:VU1&lang=es

Jusman, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (Sscs) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 401–409. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8259

Marlina, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pengalaman Belajar Di Organisasi Kemahasiswaan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(2), 103–108. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i2.12688

Milama, B., Bahriah, E. S., & Mahmudah, A. (2017). The Effect of Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Learning Model towards Student’s Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(2), 112. https://doi.org/10.30870/jppi.v3i2.2574

Mulyana, Y., Priyatno, S., & Dewi, N. R. (2018). Penerapan Model SSCS untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Model Matematis dan Kerja Sama Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 225–232. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19519/9513

Putri, I. A., Widiyanto, R., & Mahmud, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research). Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 141–160. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.20546

Qadarsih, N. D., Maimunah, M., & Andrari, F. R. (2022). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Pikiran) terhadap Ketahanmalangan Mahasiswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 316. https://doi.org/10.30998/sap.v7i2.13815

Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 22–46. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1078

Saregar, A., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding : Impact on Students ’ Critical Thinking Ability To cite this article : Saregar , A ., Irwandani , I ., Abdurrahman , A ., Parmin , P ., Septiana , S ., Diani , R ., & Sagala , R . ( 2018 ). Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(September), 39–53.

Werdiningsih, C. E., & Khoerunisa, L. (2021). Pengaruh Habits of Mind dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 85. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.9942

Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743

Published
2023-09-01
How to Cite
Andi Nurannisa Syam. (2023). Pengaruh Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Habits of Minds Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kendari. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 693-700. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1146
Abstract viewed = 145 times
PDF downloaded = 92 times