Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis

  • Vivin Syahkina Mardana Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Muhammad Rijal Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Rahmiati Darwis Institut Agama Islam Negeri Ambon

Abstract

Pembelajaran IPA di dalam kelas seringkali dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini menyebabkan siswa kurang berminat dalam belajar IPA dan memiliki hasil belajar yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi dalam proses belajar mengajar yaitu dengan memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran alam sekitar terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi fotosintesis yang dilakukan di SMP IT As Salam Ambon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain the static group pretest-posttest. Seluruh siswa kelas VII terlibat sebagai populasi dan sampel penelitian yang diambil menggunakan sampel populasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan penyebaran angket minat belajar. Teknik pengolahan data menggunakan uji t karena data yang didapatkan berdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Hasil analisis data tes menggunakan software IBM SPSS Statistics 26 memperoleh nilai signifikansi uji-t sebesar 0,001 < 0,05 (α) yang menunjukkan bahwa penerapan media alam sekitar efektif dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa pada materi fotosintesis. Hasil analisis angket minat belajar menunjukkan tingginya minat belajar siswa setelah belajar menggunakan media pembelajaran alam sekitar dengan memperoleh persentasi minat sebesar 88% yang berada pada kategori tinggi. Hasil analisis angket respon siswa diperoleh persentasi respon sebesar 93% menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penerapan media alam sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Fotosintesis, Hasil belajar Kognitif, Media Alam Sekitar, Minat Belajar

References

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868

Aprijal, Alfian, & Syarifuddin. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Mitra PGMI, 6(1), 76–91. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i2

Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103–112. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual PhET Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Pada Materi Gerak Lurus. . . ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 271–277. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5514

Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2023). Effect of PhET Virtual Laboratory Implementation on Students’ Higher Order Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1922–1928. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1979

Daud, M. H., & Lidi, M. W. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar IPA Siswa SMPK St Gabriel Ndona. OPTIKA: Jurnal Pendidikam Fisika, 4(2), 143–149. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.725

Fraenkel, & Wallen. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.

Hayat, R. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 263 Rancaloa. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1), 94–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v1i1.811

Kelana, N. S. (2018). Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran. https://siedoo.com/berita-4729-alam-sekitar-sebagai-media-pembelajaran. Diakses pada tanggal 20 Mei 2023.

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.379

Lamasai, M. M., As, M. A., Ishak, R., Mahasiswa, P., & Jabatan, D. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung. In Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 5, Issue 3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3841/2804

Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11–32. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/427

Salu, B., & Tadius. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 1 Rantepao Kab. Toraja Utara. 7(3), 36–53. https://doi.org/https://doi.org/10.47178/jkip.v7i3.475

Sutrisno, & Harjono, S. (2005). Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar anak Usia Dini. DepDik Nas Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Published
2023-09-04
How to Cite
Vivin Syahkina Mardana, Muhammad Rijal, & Rahmiati Darwis. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 736-743. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1169
Abstract viewed = 576 times
PDF downloaded = 446 times