Pengaruh Model Pembelajaran Quiz Team terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quiz Team terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A dan VII B masing-masing sebanyak 30 siswa. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,5 dan kelas kontrol 76,4. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,705 > ttabel = 1,672 maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quiz Team terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran.
Downloads
References
Kemendikbud, (2021), Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar 1: 1-22.
Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php
Maulidina, A. P., & Hartatik, S., (2019), Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 3: 61–66.
Nashirulhaq, N., Nurzaelani, M. M., dan Raini, Yeni., (2021), Pentingnya Kemampuan Dasar Literasi Dan Numerasi Di Jenjang Pendidikan Smp, Prosiding : 118–122.
OECD. 2018. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD
Publishing.Puspaningtyas, N., dan Ulfa, M., (2020), Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani, Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA 4: 113–121.
Sapta, A,.2018. Peningkatan Hasil Belajar Suku Banyak Melalui Model Pembelajaran Quiz Team Berbantuan Aplikasi Maple. Jurnal Mathematics Paedagogic, II (2):166-170.
Sri Parnayathi, I. G. A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642 Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT.Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Wardani, N., Muntari, M., Hadisaputra, S., & Loka, I. N. (2019). Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia antara Model Pembelajaran Team Quiz dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar. Chemistry Education Practice, 1(2), 14. https://doi.org/
Yi, L., Ying, Z., dan Wijaya, T. T., (2019), The Trend of Mathematics Teaching Method Has Change From Fragments To Systematics, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3: 471–480.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.