Pengaruh Model Pembelajaran Quiz Team terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada SMP

  • Eva Margaretha Saragih Universitas Asahan
  • Dewi Astuti Universitas Asahan
  • Nova Eliza Silaen Universitas Asahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quiz Team terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A dan VII B masing-masing sebanyak 30 siswa. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,5 dan kelas kontrol 76,4. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,705 > ttabel = 1,672 maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quiz Team terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Model Pembelajaran Quiz Team, Kemampuan Literasi Numerasi

References

Kemendikbud, (2021), Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar 1: 1-22.

Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php

Maulidina, A. P., & Hartatik, S., (2019), Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 3: 61–66.

Nashirulhaq, N., Nurzaelani, M. M., dan Raini, Yeni., (2021), Pentingnya Kemampuan Dasar Literasi Dan Numerasi Di Jenjang Pendidikan Smp, Prosiding : 118–122.

OECD. 2018. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD

Publishing.Puspaningtyas, N., dan Ulfa, M., (2020), Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani, Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA 4: 113–121.

Sapta, A,.2018. Peningkatan Hasil Belajar Suku Banyak Melalui Model Pembelajaran Quiz Team Berbantuan Aplikasi Maple. Jurnal Mathematics Paedagogic, II (2):166-170.

Sri Parnayathi, I. G. A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642 Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT.Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Wardani, N., Muntari, M., Hadisaputra, S., & Loka, I. N. (2019). Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia antara Model Pembelajaran Team Quiz dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar. Chemistry Education Practice, 1(2), 14. https://doi.org/

Yi, L., Ying, Z., dan Wijaya, T. T., (2019), The Trend of Mathematics Teaching Method Has Change From Fragments To Systematics, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3: 471–480.

Published
2023-09-21
How to Cite
Eva Margaretha Saragih, Dewi Astuti, & Nova Eliza Silaen. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quiz Team terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 826-832. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1183
Abstract viewed = 330 times
PDF downloaded = 240 times