Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik Berbasis Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Adanya perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut pengajar untuk selalu berinovasi dalam pembuatan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini menganalisis kebutuhan mahasiswa mengenai Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) elektronik untuk memfasilitasi perkuliahan kalkulus diferensial yang dilaksanakan dengan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian deskirpitif ini dilakukan dengan mengambil data melalui angket dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data dan yang terakhir menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Mahasiswa membutuhkan LKM dalam bentuk elektronik yang isinya mudah dipahami, 2) Mahasiswa senang jika dibuatkan LKM oleh dosen dalam bentuk elektronik yang tampilannya sederhana, 4) Mahasiswa setuju jika pelaksanaan pembelajaran diajak untuk berpikir kritis, berdiskusi secara berpasangan dan ada tahap presentasi di depan kelas. Sehingga hasil analisis kebutuhan adalah mahasiswa menginginkan LKM dalam bentuk elektronik sebagai penunjang pembelajaran think pair share dan melatih mahasiswa untuk berpikir kritis.
Downloads
References
Adiansha, A. A., Khatimah, H., & Asriyadin, A. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 45–52.
Afandi, A., & Jalal, A. (2017). Pengembangan Lkm Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Kuliah Geometri. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 58–66.
Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain Soal Berbasis Masalah untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239–250. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.649
Aldresti, F., Erviyenni, E., & Haryati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Elektronik (e-LKM) berbasis Collaborative Learning Untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 292–299. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.292-299
Dwi Amalia, A., & Mustofa Lestyanto, L. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(0), 2911–2933.
Fauzan, A., Rispawati, R., & Salam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 12–21. https://doi.org/10.24036/8851412512020503
Jalal, A., & Afandi, A. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Aljabar Berbasis Masalah untuk Mengoptimalkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 45–55.
Kasim, N. F., Nadar, N., Syarif, I., Saleha, S., Elihami, E., & Mahyuddin, M. J. (2022). Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 629–640.
Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Nahdatul Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 18–25.
Nurdin, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304
Rahmawati, B. F. (2013). Meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Educatio, 8(2), 17–27.
Robiah, N., Peni, N., Prasetyo, P. W., Pascasarjana, P., Ahmad, U., Jl, D., No, P., Yogyakarta, K., Yogyakarta, D. I., Keguruan, F., Ahmad, U., Jl, D., Yani, A., Tamanan, S., & Bantul, B. (2023). Pengembangan e-LKM Terintegrasi Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Materi Analisis Vektor. 6(115), 115–128.
Rohani, R., Ahmad, M., Lubis, I. S., & Nasution, D. P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 504. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4408
Saputra, A. I., & Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 103–111.
Siregar, H. M., Solfitri, T., Siregar, S. N., Anggraini, R. D., & Aldresti, F. (2022). Analisis Kebutuhan E-LKM Kalkulus Integral Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 55–70. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i1.2664
Suryani, M. (2015). Efektivitas penggunaan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis discovery pada perkuliahan kalkulus peubah banyak 1 (KPB 1) di STKIP Sumatera Barat. Lemma, I(2), 28–36.
Susilawati, E., Sarnita, F., Gumilar, S., Erwinsyah, A., Utami, L., & Amiruddin, A. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 52035.
Tukan, et al, M. . (2020). Praktikum kimia berbasis lingkungan. Jurdik Kimia FMIPA - UNY, 3, 108–117.
Wisna Ariawan, I. P. (2014). Pengembangan Lkm Multi Representasi Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 359–371. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2918
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.