Efektivitas Bahan Ajar IPA Topik Pencemaran Lingkungan Berbasis Nilai-Nilai Keislaman terhadap Hasil Belajar dan Karakter Religius Siswa

  • Emilda Prasiska Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Fitria Rizkiana Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam memberikan informasi kepada peserta didik dimana memiliki peran dalam proses belajar di dalam kelas yakni mendukung tercapaiannya tujuan pembelajaran. Ketercapaian tujuan pembelajaran selama proses pembelajaran menjadi tolak ukur dalam mengukur keefektifan pembelajaran yang diberikan, dimana dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik selama proses belajar. Guru juga harus mampu memberikan pemahaman dengan baik serta mampu menerapkan nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik. Bahan ajar yang terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menjadi salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai keislaman kepada siswa. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan rancangan nonquivalent control group design dimana desain atau rancangan ini terdiri dari dua kelas yaitu kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan bahan ajara IPA Topik Pencemaran Lingkungan berbasis nilai-nilai keislaman) dan kelas kontrol sebagai kelas pembanding yaitu menggunakan bahan ajar yang ada di sekolah. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,005. Data karakter religius dengan nilai rata-rata presentase skor yang diperoleh sebesar 75% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar IPA topik Pencemaran Lingkungan berbasis nilai- nilai keislaman efektif terhadap hasil belajar dan karakter religius siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Bahan Ajar IPA, Pencemaran Lingkungan, Nilai-Nilai Keislaman, Hasil Belajar, Karakter Religius

References

Aeni, W. N. Wahono W. 2022. Penggunaan E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Kalor. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. Vol 10 No. 2 193-202 Juli 2022

Astiti, N. Y, Luh P.P.M, I Made S. 2021. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia DOI: 10.23887/mi.v26i2.35688

Emilda, P. Fitria R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar IPA Topik Pencemaran Lingkungan Berbasis Nilai-Nilai Keislaman pada Lingkungan Rawa Gambut. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 882-888. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.697.

Firdhalifia. O. 2021. Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Religius Anak Usia Dini Di Raa Baipas Roudlotul Jannah Kota Malang. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ismiartri, R. T. 2022. Akhlak Terhadap Lingkungan Hidup Dalam Alqur’an. Iain Batusangkar. https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/57lsxV67BZMLqOcQD2xPjQjbyER3v4BN.pdf

Izza, A. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Book (Flip Book Maker) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 39 Surabaya. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Khalid B. A. A.R, 2020. Nilai-Nilai Akhlak Dalam Islam Menurut Pandangan Salaf; Jakarta Timur: Griya Ilmu. Hal 21

Novianti, M. 2019. Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Jurnal IAIN Kudus.

Nursita, L. Resky N. A. A. Muhammad I. L. 2022. Komparasi Aplikasi Prezi Vs Power Point sebagai Media Pembelajaran pada Hasil Belajar. Jurnal Ideas : Pendidikan, Sosial, dan Budaya. Vol 8 No 1 Hal 1-7 DOI:10.32884/ideas.v8i1.556

Purwaningtyas, D. 2018. Pengembangan Dan Efektifitas Bahan Ajar Laju Reaksi Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus. https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i2.76

Subron A.N, Titik. S, & Meidawati. S. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 1 No 3 Hal 265-276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Sulistyowati, 2017. Menanamkan Karakter Religius Siswa Melalui Buku Ajar Tematik Terintegrasi PAI dan

Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 10 No 1 Hal 20-34 https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/5094

Published
2023-12-01
How to Cite
Emilda Prasiska, & Fitria Rizkiana. (2023). Efektivitas Bahan Ajar IPA Topik Pencemaran Lingkungan Berbasis Nilai-Nilai Keislaman terhadap Hasil Belajar dan Karakter Religius Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 933-938. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1192
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 39 times